IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATA PELAJARAN BAHASA JAWA (Studi Multisitus SDI Al Badar Ketanon dan SDI At Taqwa Dono, Tulungagung)

Asdita Ro’iyatul Hasanah, 17505164009 (2018) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATA PELAJARAN BAHASA JAWA (Studi Multisitus SDI Al Badar Ketanon dan SDI At Taqwa Dono, Tulungagung). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (370kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (591kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (30kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (188kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (103kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Implementasi Pendidikan Karakter Pada Mata Pelajaran Bahasa Jawa (Studi Multi Situs di SDI Al Badar Ketanon dan SDI At Taqwa Dono)” yang ditulis oleh Asdita Ro‟iyatul Hasanah dibimbing oleh Dr. H. Abd. Aziz, M.Pd.I dan Dr. H. Maftukhin, M. Ag. Kata kunci: Pendidikan Karakter, Pelajaran Bahasa Jawa Tesis ini dilatar belakangi oleh semakin mendesaknya kebutuhan akan pendidikan karakter dalam dunia pendidikan dan kebijakan pemerintah berkaitan dengan implementasi pendidikan karakter pada kurikulum lembaga pendidikan. Sekolah Dasar Islam merupakan lembaga pendidikan tingkat dasar yang mana meskipun sekolah dasar namun memiliki kelebihan islam sama halnya di madrasah ibtidaiyah dari awal pendiriannya fokus pada pengembangan pendidikan karakter atau dalam Islam dikenal dengan istilah pendidikan akhlak mulia. Kurikulum sebagai seperangkat rencana yang yang berisi tentang tujuan, materi, dan strategi sebagai pedoman kegiatan untuk mencapai tujuan. Oleh karena itu berkaitan dengan implementasi pendidikan karakter pada Sekolah Dasar Islam perlu dilihat lebih dekat. Pertanyaan penelitian dalam penulisan Tesis ini adalah: (1) Bagaimana Model pendidikan karakter pada mata pelajaran Bhs Jawa SDI Al Badar dan SDI At Taqwa? (2) Bagaimana Pelaksanaan pendidikan karakter pada mata pelajaran Bhs Jawa SDI Al Badar dan SDI At Taqwa? (3) Bagaimana Hasil pendidikan karakter pada mata pelajaran Bhs Jawa SDI Al Badar dan SDI At Taqwa? Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan Model pendidikan karakter pada mata pelajaran Bhs Jawa SDI Al Badar dan SDI At Taqwa (2) Mendeskripsikan Pelaksanaan pendidikan karakter pada mata pelajaran Bhs Jawa SDI Al Badar dan SDI At Taqwa. (3) Mendeskripsikan Hasil pendidikan karakter pada mata pelajaran Bhs Jawa SDI Al Badar dan SDI At Taqwa. Peneliti menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis multisitus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Untuk analisis data menggunakan kredibilitas data yang meliputi perpanjangan pengamatan, triangulasi, pembahasan teman sejawat. Setelah data terkumpul dilakukan analisis situs tunggal kemudian dilanjutkan dengan analisis lintas situs. Hasil penelitian Tesis ini adalah: (1). Dalam model pendidikan karakter pada implementasinya bahwa pendidikan karakter dapat dikembangkan dengan beberapa cara yaitu dengan pengintegrasian ke dalam mata pelajaran, pembiasaan, pengkondisian, serta pencontohan/teladan sehingga guru harus melaksanakan strategi-strategi tersebut dengan maksimal di sekolah. (2). Pendidikan karakter dilaksanakan melalui mata pelajaran Bhs Jawa, dalam membentuk karakter peserta didik lebih menekankan aspek afektif dan psikomotorik sehingga proses pembelajaran lebih banyak praktek dari pada materi, selain itu diselipkan ketrampilan-ketrampilan untuk lebih menggali kreatifitas peserta didik dan penonjolan nilai-nilai karakter. (3). Hasil pendidikan karakter peserta didik di SDIAl Badar dan SDI At Taqwa pada pelajaran Bahasa Jawa ini munculah beberapa karakter peserta didik yang mana terlihat lebih menguat dari sebelumnya, dari segi religiusnya, mandiri, tanggung jawab, jujur serta disiplin baik di dalam kelas maupun luar kelas. Pada saat dirumah peserta didik dapat dipantau prilakunya dengan adanya buku penghubung atau buku konseling.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Ilmu Pendidikan Dasar Islam
Depositing User: S.Pd.I 2817123019 Asdita Ro'iyatul Hasanah
Date Deposited: 21 Dec 2018 03:14
Last Modified: 21 Dec 2018 03:14
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9984

Actions (login required)

View Item View Item