PENGARUH KECERDASAN INTERPERSONAL DAN KECERDASAN EMOSI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IIDI SDIT NURUL FIKRI KEDUNGWARU TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2017/2018

APRIZA MUKTI LESTARI, 1725143030 (2018) PENGARUH KECERDASAN INTERPERSONAL DAN KECERDASAN EMOSI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IIDI SDIT NURUL FIKRI KEDUNGWARU TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2017/2018. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (769kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (410kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (564kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (436kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (524kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (232kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Kecerdasan Interpersonal Dan Kecerdasan Emosi Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas II Di SDIT Nurul Fikri Kedungwaru Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018”, iniditulis oleh Apriza Mukti Lestari, NIM 1725143030, Pembimbing Ibu Dr. Eni Setyowati, S.Pd.,MM. Kata Kunci : Kecerdasan Interpersonal, Emosi, Prestasi, Belajar Latar belakang penelitian ini adalah karena fenomena kecerdasan interpersonal dan kecerdasan emosi yang mempengaruhi prestasi belajar. Semua anak terlahir dengan kedua kecerdasaan ini. Kecerdasan yang ada didalam diri siswa yang merupakan faktor internal. Siswa harus selalu melatih dan meningkatkan kecerdasan interpersonal mereka, karena dengan kecerdasan interpersonal yang baik mereka dapat membangun hubungan baik dengan guru dan siswa lain, sehingga jika mereka mengalami kesulitan maka mereka tidak malu atau enggan untuk bertanya pada guru atau teman Tinggi rendahnya prestasi belajar juga berkaitan dengan proses belajar mengajar yang terjadi di dalam kelas. Begitupun dengan kecerdasan emosi juga harus ada dalam diri siswa karena kecerdasan emosi merupakan kecerdasan interpersonal dan intrapersonal. Kedua kecerdasan ini mempunyai beberapa aspek – aspek yang diperlukan dalam kegiatan pembelajaran sehingga akan menentukan bagaimana hasil prestasi belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitiaan ini adalah: (1) Apakah ada Pengaruh Kecerdasan Interpersonal Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas II di SDIT Nurul Fikri Kedungwaru Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018?, (2) Apakah ada Pengaruh Kecerdasan Emosi Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas II di SDIT Nurul Fikri Kedungwaru Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018?, (3) Apakah ada Pengaruh Kecerdasan Interpersonal dan Kecerdasan Emosi secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas II di SDIT Nurul Fikri Kedungwaru Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018?. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Subyek dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II SDIT Nurul Fikri Kedungwaru Tulungagung yang berjumlah 27 siswa yang kemudian dijadikan sebagai sempel. Data dikumpulkan dengan metode angket, metode observasi dan metode dokumentasi. Metode angket digunakan untuk mengumpulkan data variabel Kecerdasan Interpersonal dan Kecerdasan Emosi, sedangkan metode dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data tentang Prestasi Belajar yang berupa nilai rapot. Uji prasyarat analisis data meliputi uji normalitas, uji linearitas, dan uji multikolinearitas. Teknik analisis data untuk hipotesis pertama dan kedua menggunakan analisis linier regresi sederhana, sedangkan untuk hipotesis ketiga menggunakan analisis regresi linier berganda. Terdapat pengaruh secara bersama - sama antara kecerdasan interpersonal dan kecerdasan emosi terhadap prestasi belajar ii Berdasarkan hasil penelitian yang menggunakan SPSS 16.0 for windows dapat diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1)Terdapat pengaruh positif dan signifikan Kecerdasan Interpersonal terhadap Prestasi Belajar siswa kelas II SDIT Nurul Fikri Kedungwaru Tulungagung yang ditunjukkan dengan nilai rxy sebasar 0,000 dan nilai thitung sebesar 5,500 lebih besar dari ttabel 2,052 (5,500>2,050). (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Kecerdasan Emosi terhadap Prestasi Belajar yang ditunjukkandengan nilai rxy sebesar 0,000 dan nilai thitung 4,701sebesar lebih besar dari ttabel 2,052 (4,701>2,052). (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Kecerdasan Interpersonal Dan Kecerdasan Emosi secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar siswa kelas II SDIT Nurul Fikri Kedungwaru dengan uji F diketahui bahwa diperoleh sebesar 10,288 dan nilai Sig.sebesar 0,001 berarti dapat diketahui bahwa (10,288) > (3,39) dan signifikansi 0,001< 0,05. Variabel kecerdasan interpersonal dan kecerdasan emosi siswa memberikan sumbangan pengaruh terhadap prestasi belajar siswa adalah sebesar 66,5% , sedangkan 33,5% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: S.Pd 1725143030 APRIZA MUKTI LESTARI
Date Deposited: 18 Jan 2019 06:31
Last Modified: 18 Jan 2019 06:31
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9976

Actions (login required)

View Item View Item