PROFIL METAKOGNISI SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL SPLDV SISWA KELAS VIII SMPN 1 SUMBERGEMPOL BERDASARKAN GAYA KOGNITIF REFLEKTIF DAN IMPULSIF

HALIMATUR ROSYIDAH, 1724143102 (2018) PROFIL METAKOGNISI SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL SPLDV SISWA KELAS VIII SMPN 1 SUMBERGEMPOL BERDASARKAN GAYA KOGNITIF REFLEKTIF DAN IMPULSIF. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (269kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (486kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (596kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (165kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (777kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (297kB)
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (273kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul "Profil Metakognisi Siswa dalam Menyelesaikan Soal SPLDV Siswa Kelas VIII SMP N 1 Sumbergempol Berdasarkan Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif" ini ditulis oleh Halimatur Rosyidah, NIM. 1724143102, Jurusan Tadris Matematika (TMT), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Muniri, M.Pd Kata Kunci: Metakognisi, Gaya Kognitif Reflektif, Gaya Kognitif Impulsif Masalah yang terjadi dalam penelitian ini adalah adanya beberapa siswa kelas VIII yang masih mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita. Mereka mengalami kesulitan bagaimana caranya merubah soal cerita ke dalam bentuk kalimat matematika. Tapi setelah berhasil merubah soal ke dalam kalimat matematika, mereka dengan mudah dapat menyelesaikan soal tersebut. Selain itu, mayoritas siswa masih pasif ketika guru menjelaskan materi, mereka hanya menuliskan apa yang dijelaskan dan dituliskan di papan tulis tanpa bertanya bagaimana penerapan materi tersebut dalam soal. Mereka akan bertanya ketika mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal yang diberikan. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti ingin mengetahui bagaimanakah profil metakognisi siswa, dimana metakognisi menurut Soffil Widadah dapat berperan dalam membantu siswa menyelesaikan soal yang ada. Bagaimana siswa mengontrol apa yang telah dilakukannya, soal yang telah diselesaikan, dan bagaimana baiknya ia menggunakan hasil pengamatan untuk menyelesaikan soal. Fokus penelitian pada skripsi ini adalah: (1) Bagaimanakah profil metakognisi siswa dalam menyelesaikan soal SPLDV siswa kelas VIII SMPN 1 Sumbergempol bagi siswa bergaya kognitif reflektif? (2) Bagaimanakah profil metakognisi siswa dalam menyelesaikan soal SPLDV siswa kelas VIII SMPN 1 Sumbergempol bagi siswa bergaya kognitif impulsif? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pada penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pemberian MFFT untuk memilih subjek penelitian, tes pemecahan masalah, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dengan menggunakan ketekunan pengamatan, triangulasi data, dan pengecekan teman sejawat. Hasil penelitian di SMPN 1 Sumbergempol tentang profil metakognisi siswa dalam menyelesaikan soal SPLDV siswa kelas VIII SMP N 1 Sumber gempol adalah: (1) Siswa bergaya kognitif reflektif dalam menyelesaikan soal SPLDV, melaksanakan 31 dari 32 indikator menurut NCREL (2010) dan pada masing-masing aktivitas metakognisi yang meliputi membangun rencana (planning), memonitor (monitoring), dan mengevaluasi (evaluation) berdasarkan tahapan pemecahan masalah Polya yang berupa memahami masalah, menyusun rencana pemecahan masalah, melaksanakan rencana pemecahan masalah, dan memeriksa kembali hasil pemecahan masalah. Indikator yang tidak dipenuhi oleh siswa bergaya kognitif reflektif yaitu indikator yang terdapat pada tahapan memahami masalah dengan aktivitas metakognisi yang berupamengevaluasi (evaluation) dimana indikatornya adalah memeriksa kemungkinan memahami masalah dengan cara lain, dan disini subjek tidak mengetahui cara lain yang dapat digunakannya untuk memahami soal, sehingga subjek tidak memenuhi indikator tersebut. (2) Siswa bergaya kognitif impulsif dalam menyelesaikan soal SPLDV tidak melaksanakan 18 dari 32 indikator aktivitas metakognisi yang meliputi membangun rencana (planning), memonitor (monitoring), dan mengevaluasi (evaluation), berdasarkan tahapan-tahapan pemecahan masalah Polya yang berupa memahami masalah, menyusun rencana pemecahan masalah, melaksanakan rencana pemecahan masalah, dan memeriksa kembali hasil pemecahan masalah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: S.Pd 1724143102 Halimatur Rosyidah
Date Deposited: 11 Jan 2019 02:17
Last Modified: 11 Jan 2019 02:17
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9975

Actions (login required)

View Item View Item