STRATEGI HUBUNGAN MASYARAKAT DALAM MENJALIN KERJASAMA DENGAN STAKEHOLDER (Studi Kasus di IAIN Tulungagung)

EVA MUSTAFIAH, 17501164007 (2018) STRATEGI HUBUNGAN MASYARAKAT DALAM MENJALIN KERJASAMA DENGAN STAKEHOLDER (Studi Kasus di IAIN Tulungagung). [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (463kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (389kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (174kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (700kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (201kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Eva Mustafiah, NIM. 17501164007, " Strategi Hubungan Masyarakat dalam Menjalin Kerjasama dengan Stakeholder (Studi Kasus di IAIN Tulungagung)”, Program Pascasarjana, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing: Dr. Chusnul Chotimah, M.Ag., dan Dr. H. Maftukhin, M.Ag. Kata Kunci: Strategi Hubungan Masyarakat, Kerjasama, Stakeholder Humas di perguruan tinggi berperan dalam pengembangan dan pemeliharaan kerjasama antara pihak intern perguruan tinggi dengan pihak ekstern (orang tua, masyarakat dan stakeholder) serta humas menyampaikan informasi kepada pihak intern dan ekstern tersebut sehingga kerjasama dapat berjalan dengan harmonis dan lancar. Dari sinilah dapat dikatakan bahwa humas perlu untuk melakukan kerjasama dengan stakeholder. Tujuan penelitian: untuk mengetahui dan mendeskripsikan 1) formulasi kerjasama IAIN Tulungagung dengan stakeholder; 2) proses kerjasama IAIN Tulungagung dengan stakeholder; 3) implikasi dari adanya kerjasama IAIN Tulungagung dengan stakeholder. Metode penelitian, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus, lokasinya di IAIN Tulungagung, sumber datanya informan, peristiwa, lokasi dan dokumen, datanya primer dan sekunder, teknik pengumpulan datanya dengan wawancara mendalam observasi partisipan, dan dokumentasi. Analisis data dengan analisis model Miles Huberman, sedangkan pengecekan keabsahan datanya dengan menggunakan kreadibilitas, dependenbilitas, transferabilitas, dan konfirmabilitas. Hasil penelitian: 1) Formulasi kerjasama dengan stakeholder, baik lokal, nasional maupun internasional dapat berhasil dibangun IAIN Tulungagung dengan trust dan dilakukan dalam rangka menaikkan image IAIN Tulungagung di mata masyarakat supaya IAIN Tulungagung menjadi universitas kebanggaan masyarakat Tulungagung, 2) Proses kerjasama IAIN Tulungagung baik lokal, Nasional maupun Internasional dimulai dari komunikasi kemudian membangun hubungan baik, selanjutnya membangun kepercayaan (trust) dengan stakeholder dan diakhiri dengan membangun jejaring. Proses kerjasama yang dibangun akan meningkatkan image branding dan animo masyarakat. Proses tersebut tidak akan berhasil tanpa adanya relasi yang baik antara IAIN Tulungagung dengan stakeholder, 3) Implikasi dari adanya kerjasama tersebut adalah adanya animo dari masyarakat bahwa IAIN Tulungagung adalah kampus dakwah dan peradaban. Setiap aspek kerjasama mempunyai implikasi sendiri-sendiri yang pada akhirnya mampu meningkatkan image branding IAIN Tulungagung. Kerjasama antara perguruan tinggi dengan stakeholder mempunyai implikasi dalam aspek internal dan eksternal semakin meningkat serta berhasil membangun relasi yang baik.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan Islam
Manajemen > Pendidikan Islam
Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 17501164007 EVA MUSTAFIAH
Date Deposited: 26 Apr 2019 08:36
Last Modified: 26 Apr 2019 08:36
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9873

Actions (login required)

View Item View Item