ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DALAM PEMECAHAN MASALAH DITINJAU DARI GENDER PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR SISWA KELAS VIII MTsN 3 TULUNGAGUNG

MUHAMAD TORIKUL HUDA, 1724143169 (2018) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DALAM PEMECAHAN MASALAH DITINJAU DARI GENDER PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR SISWA KELAS VIII MTsN 3 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (90kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (10MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (130kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (89kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (137kB)

Abstract

ABSTRAK Muhamad Torikul Huda, 1724143169, 2018. Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Dalam penyelesaian masalah ditinjau dari gender pada materi Bangun ruang sisi datar kelas VIII MTsN 3 Tulungagung. SKRIPSI Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institute Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing: Dr. Muniri, M.Pd Kata Kunci: Tingkat Berpikir Kreatif, Pemecahan Masalah, Gender. Kemampuan berpikir kreatif merupakan kemampuan yang sangat dibutuhkan dalam era persaingan global yang ketat seperti saat ini. Pada era yang semakin maju seperti saat ini Manusia dituntut untuk bisa lebih aktif, kreatif, inovatif dan madiri untuk mampu bertahan didalamnya. Oleh karena itu untuk bisa bersaing mengikuti perkembangan zaman yang penuh dengan tantangan seperti saat ini diharapkan setiap orang khususnya perserta didik dapat dilatih melalui pemberian masalah dalam bentuk soal yang bervariasi terutama dalam matematika. Berpikir kreatif dalam matematika merupakan proses mental yang melibatkan, pengetahuan, keterampilan bernalar, dan karakter intelektual bernalar untuk menyelesaikan masalah matematika. Pemecahan masalah mengacu pada fungsi otak untuk mengembangkan proses berpikir kreatif seseorang dalam menyelesaikan soal matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tingkat berpikir kreatif siswa laki-laki dan siswa perempuan untuk menyelesaikan permasalahan matematika yang berkaitan dengan soal bangun ruang sisi datar di kelas VIII A MTsN 3 Tulungagung. Metode yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah metode penelitian pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian ini adalah MTsN 3 Tulungagung, sebagai sumber data 6 orang siswa yaitu 3 laki-laki dan 3 perempuan dari kelas VIII A MTsN 3 Tulungagung tahun ajaran 2018/2019. Prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes tertulis dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan serta pengecekan keabsahan data melalui ketekunan peneliti, triangulasi, pengecekan teman sejawat. Tingkat berpikir kreatif siswa kelas VIII A MTsN 3 Tulungagung dalam menyelesaikan soal bangun ruang sisi datar berdasarkan indikator masing-masing tingkat berpikir kreatif dan dilihat berdasarkan tingkat berpikir kreatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa laki-laki memenuhi kemampuan berpikir kreatif yaitu kefasihan dan fleksibelitas. Sedangkan siswa perempuan menunjukan hasil yang sama yaitu memenuhi kemampuan berpikir kreatif yaitu kefasihan dan flesksibel

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 1724143169 MUHAMAD TORIKUL HUDA
Date Deposited: 21 Nov 2018 04:08
Last Modified: 21 Nov 2018 04:08
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9827

Actions (login required)

View Item View Item