PERBEDAAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE DENGAN THINK PAIR SHARE PADA MATERI PYTHAGORAS DI MTs DARUSSALAM ARYOJEDING TAHUN AJARAN 2017/2018

AAN ZULFIANA, 1724143001 (2018) PERBEDAAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE DENGAN THINK PAIR SHARE PADA MATERI PYTHAGORAS DI MTs DARUSSALAM ARYOJEDING TAHUN AJARAN 2017/2018. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (519kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (601kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV .pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (144kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (90kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (124kB)

Abstract

ABSTRAK Aan Zulfiana, 1724143001, “Perbedaan Kemampuan Komunikasi Matematis Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write dengan Think Pair Share pada Materi Pythagoras di MTs Darussalam Aryojeding Tahun Ajaran 2017/2018” Skripsi, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung. Pembimbing: Dr. Dewi Asmarani, M.Pd Kata kunci: komunikasi matematis, think talk write, think pair share. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa yang terlihat pada saat mereka mengerjakan soal cerita matematika. Siswa hanya mengandalkan rumus yang dihafal untuk megerjakan soal yang diberikan oleh guru. Selain itu, pada saat pembelajaran guru lebih mendominasi menggunakan metode ceramah saja sehingga siswa kurang aktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1 ) perbedaan kemampuan komunikasi matematis yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe think talk write dan think pair share, 2) Untuk mengetahui model mana yang lebih baik untuk menigkatkan kemampuan komunikasi matematis materi pythagoras tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian quasi eksperimen. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen 1 dan VIII-B sebagai kelas eksperimen 2 di MTs Darussalam Aryojeding dengan teknik pengambilan sampelnya secara random sampling. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes. Tes berfungsi untuk mengukur kemampuan komunikasi matematis pada bab Pythagoras yang mana akan diuji menggunakan uji-t Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) ada perbedaan kemampuan komunikasi matematis dengan model pembelajaran kooperatif tipe think talk write dan think pair share pada materi pythagoras di MTs Darussalam Aryojeding tahun ajaran 2017/2018. Uji t yang diperoleh menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. 2) Model pembelajaran kooperatif tipe think pair share lebih baik digunakan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis pada materi pythagoras di MTs Darussalam Aryojeding tahun ajaran 2017/2018 dengan rata-rata kelasnya sebesar 88,83.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 1724143001 AAN ZULFIANA
Date Deposited: 05 Nov 2018 07:58
Last Modified: 05 Nov 2018 07:58
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9772

Actions (login required)

View Item View Item