PEMBELAJARAN TEMATIK DALAM MENUMBUHKAN PERILAKU DISIPLIN PESERTA DIDIK MIN 4 TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2017/2018

ANA ZAHROTUL FATONAH, 1725143017 (2018) PEMBELAJARAN TEMATIK DALAM MENUMBUHKAN PERILAKU DISIPLIN PESERTA DIDIK MIN 4 TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2017/2018. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (568kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (373kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (290kB) | Preview
[img] Text
BAB IV .pdf

Download (548kB)
[img] Text
BAB V .pdf

Download (267kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (92kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (202kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pembelajaran Tematik dalam Menumbuhkan Perilaku Disiplin Peserta Didik MIN 4 Tulungagung” ini ditulis oleh Ana Zahrotul Fatonah, NIM. 1725143017, pembimbing Dr. Chusnul Chotimah, M.Ag. Kata Kunci: Pembelajaran Tematik, Perilaku Disiplin. Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh kenyataan yang banyak ditemui di lingkungan sekolah yaitu perilaku acuh tak acuh peserta didik terhadap tindakan yang mereka lakukan. Sebagai contoh sering terlambat masuk sekolah, tidak memakai kelengkapan atribut seragam yang telah ditentukan oleh lembaga, tidak mengerjakan tugas sekolah, ramai dalam kelas saat pembelajaran berlangsung dan lain sebagainya. Mereka masih belum memiliki kesadaran akan kedisiplinan sebagai peserta didik yang baik. Oleh karna itu guru harus dapat mengontrol dan membimbing peserta didik melalui tindakan yang mencerminkan perilaku disiplin dalam pembelajaran dikelas maupun diluar kelas. Hal ini akan lebih efektif apabila diterapkan melalui pembelajaran tematik. Dalam pembelajaran tematik ini lebih menekankan keterlibatan peserta didik secara aktif dalam proses pembelajaran dengan mengkaitkan beberapa isi pelajaran dengan pengalaman kehidupan sehari-hari. Peserta didik dapat memperoleh pengalaman langsung dan terlatih untuk dapat menemukan sendiri berbagai pengetahuan yang dipelajari. Dengan demikian, melalui pembelajaran tematik serta pembiasaan yang dilakukan secara terus menerus dan berulang-ulang mampu menumbuhkan perilaku disiplin peserta didik menjadi pribadi-pribadi yang berbudi pekerti luhur dan bermartabat serta dapat meningkatkan kualitas lembaga. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah: 1) Bagaimanakah desain pembelajaran tematik dalam menumbuhkan perilaku disiplin peserta didik di MIN 4 Tulungagung?, 2) Bagaimanakah proses pelaksanaan pembelajaran tematik dalam menumbuhkan perilaku disiplin peserta didik di MIN 4 Tulungagung?, 3) Bagaimanakah penerapan perilaku disiplin peserta didik di MIN 4 Tulungagung? Penelitian ini berdasarkan lokasi sumber datanya termasuk kategori penelitian lapangan, dan ditinjau dari segi sifat-sifat data termasuk dalam penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologi dengan jenis penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisa data dilakukan mulai dari reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti diantaranya yaitu: Pertama desain pembelajaran tematik komprehensif dalam menumbuhkan perilaku disiplin peserta didik yang dilakukan guru dengan memetakan dulu kompetensi dasar dengan menetapkan tema yang akan dibahas dan menjabarkannya kedalam indikator, kemudian menyusun silabus, serta menjabarkannya kedalam rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Selain itu juga terdapat peningkata kualitas pendidik melalui pelatihan dan study banding. Kedua proses pembelajaran tematik dalam menumbuhkan perilaku disiplin peserta didik lebih menekankan pada aspek afektif dan psikomotorik, sehingga pembelajaran yang dilakukan lebih banyak praktik dan menyelipkan ketrampilan untuk menggali kemampuan dan kreatifitas siswa. Selain pembelajaran dikelas, pembelajaran juga dilakukan diluar kelas seperti kelas alam. Ketiga penerapan perilaku disiplin dilakukan oleh pihak sekolah dengan cara melakukan banyak pembiasaan-pembiasaan baik pembiasaan religius maupun pembiasaan non religius. Dengan adanya bembiasan tersebut yang dilakukan secara berulang-ulang dan terus menerus diharapkan mampu menjadikan peserta didik disiplin dan meningkatkan kualitas lembaga.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 1725143017 ANA ZAHROTUL FATONAH
Date Deposited: 02 Nov 2018 02:55
Last Modified: 02 Nov 2018 02:55
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9759

Actions (login required)

View Item View Item