PENGARUH METODE ACCELERATED LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MATERI PERSEGI PANJANG PADA SISWA KELAS VII MTsN 2 TULUNGAGUNG

WIDYA RAHAYU, 2814133199 (2018) PENGARUH METODE ACCELERATED LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MATERI PERSEGI PANJANG PADA SISWA KELAS VII MTsN 2 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (537kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (471kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (986kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (177kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Accelerated Learning terhadap Pemahaman Konsep Matematika Materi Persegi Panjang pada Siswa Kelas VII MTsN 2 Tulungagung” ditulis oleh Widya Rahayu yang dibimbing oleh Dr. Dewi Asmarani, M.Pd. Kata kunci: Metode Accelerated Learning, Pemahaman Konsep. Hasil belajar matematika siswa yang semakin menurun diakibatkan oleh lemahnya siswa dalam memahami konsep-konsep matematika. Hal ini berdampak buruk pada pembelajaran berikutnya karena siswa lebih pasif. Karena hal ini, peneliti ingin menggunakan metode Accelerated Learning dimana nantinya siswa dapat lebih aktif, lebih terbuka untuk mengemukakan ide-ide, dan siswa dapat memperoleh banyak manfaat diantaranya kedekatan antar siswa, belajar menemukan pokok permasalahan, dan mengaitkan konsep yang diperoleh sebelumnya dengan konsep baru yang diterima. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui adanya pengaruh metode accelerated learning terhadap pemahaman konsep matematika materi persegi panjang pada siswa kelas VII MTsN 2 Tulungagung. 2) untuk mengetahui besar pengaruh metode accelerated learning terhadap pemahaman konsep matematika materi persegi panjang pada siswa kelas VII MTsN 2 Tulungagung. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasinya berjumlah 277 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Dalam penelitian ini peneliti mengambil kelas VII-G sebagai kelas kontrol dan kelas VII-F sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes dan dokumentasi. Dalam analisis data, peneliti menggunakan uji independent t-test. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh metode accelerated learning terhadap pemahaman konsep matematika materi persegi panjang pada siswa kelas VII MTsN 2 Tulungagung. Terlihat dari hasil uji independent t-test diperoleh nilai = 7,859 dan diperoleh = 1,991 pada taraf signifikansi 5%. Besar pengaruh metode accelerated learning terhadap pemahaman konsep matematika materi persegi panjang pada siswa MTsN 2 Tulungagung adalah 1,779 yang dalam tabel interprestasi nilai Cohen’s tergolong large atau besar dengan persentase lebih dari 95,5%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814133199 WIDYA RAHAYU
Date Deposited: 14 Dec 2018 02:37
Last Modified: 14 Dec 2018 02:37
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9696

Actions (login required)

View Item View Item