PERAN GURU DAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KARAKTER ANAK KELOMPOK A DI RA HIDAYATUL MUBTADIIN SUKOREJO

UMMI NUR AZIZAH, 1726143059 (2018) PERAN GURU DAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KARAKTER ANAK KELOMPOK A DI RA HIDAYATUL MUBTADIIN SUKOREJO. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (899kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (278kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (93kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (409kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (89kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini adalah hasil penelitian di RA Hidayatul Mubtadiin dengan judul “Peran Guru dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Karakter Anak Kelompok A di RA Hidayatul Mubtadiin Sukorejo” ditulis oleh Ummi Nur Azizah, NIM. 1726143059, pembimbing M. Ridho Al Qodri Sri Utomo, MA. Kata Kunci: Peran Guru, Pola Asuh Orang Tua, Karakter Anak Usia Dini Skripsi ini dilatar belakangi karena terjadinya perbedaan antara pola asuh yang diberikan oleh orang tua dan pola asuh guru, yang menyebabkan karakter yang ada pada setiap individu anak berbeda dengan anak yang lain. Pemberian pola asuh yang kurang tepat akan menyebabkan peran guru di sekolah lebih ekstra, karena karakter yang dibawa dari rumah tidak mencerminkan karakter yang sesuai dengan di lembaga RA tersebut. Pola asuh dibedakan menjadi tiga, yaitu : pola asuh demokratis, pola asuh permisif dan pola asuh otoriter. Tujuan dari penelitian ini adalah pertama untuk mengetahui peran guru yang berada di RA Hidayatul Mubtadiin Sukorejo, kedua pola asuh yang diberikan orang tua kepada anak kelompok A di RA Hidayatul Mubtadiin, ketiga untuk mengetahui adakah relasi peran guru terhadap karakter anak kelompok A, keempat adakah relasi pola asuh orang tua terhadap karakter anak kelompok A di RA Hidayatul Mubtadiin Sukorejo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode penelitian dengan menggunakan metode deskriptif. Populasi penelitian ini adalah anak kelas A di RA Hidayatul Mubtadiin Sukorejo. Menggunakan teknik analisis reduction, display, conclusion drawing/verification. Hasil penelitian ini adalah peran guru di RA Hidayatul Mubtadiin guru dapat berinteraksi dengan anak dan dapat mengasuh anak dengan baik. Pola asuh yang diberikan oleh orang tua di lembaga ini banyak menggunakan pola asuh demokratis. Sedangkan karakter pada anak sangat berhubungan dengan peran guru dan pola asuh orang tua terlihat dari hasil observasi, wawancara, dokumentasi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penyebab kuat atau lemahnya karakter pada anak karena kurangnya kerjasama antara orang tua dan pihak sekolah. Disarankan agar orang tua lebih bisa mengendalikan emosi dan dapat bekerja sama dengan pihak sekolah untuk mewujudkan karakter yang kuat sesuai visi misi RA Hidayatul Mubtadiin.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > PAUD
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 1726143059 UMMI NUR AZIZAH
Date Deposited: 10 Oct 2018 06:41
Last Modified: 10 Oct 2018 06:41
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9636

Actions (login required)

View Item View Item