PERAN ASAATIDZ DALAM MENINGKATKAN KUALITAS MEMBACA AL-QUR’AN DI TPQ DARUL ULUM NGUNUT TULUNGAGUNG

FITRIA NUR LAILATUR ROHMAH, 2811133099 (2018) PERAN ASAATIDZ DALAM MENINGKATKAN KUALITAS MEMBACA AL-QUR’AN DI TPQ DARUL ULUM NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (403kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (527kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (836kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (448kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (545kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (494kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (389kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Fitria Nur Lailatur Rohmah, Dosen Pembimbing Drs. Muh. Kharis, M.Pd, Peran Asaatidz Dalam Meningkatkan Kualitas Membaca Al-Qur’an Di TPQ Darul Ulum Ngunut Tulungagung, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Kata Kunci: peran Asaatidz, kelancaran, kefasihan, tahsin tilawah Al-Qur’an. Al-Qur’an adalah kalam Allah SWT yang di turunkan (diwahyukan) kepada Nabi Muhammad SAW melalui perantaraan malaikat jibril, yang merupakan mukjizat, yang diriwayatkan secara mutawatir, yang ditulis di mushaf dan membacanya dinilai sebagai ibadah. Membaca merupakan cara yang paling efektif untuk meningkatkan pengetahuan dan pengalaman. Perlu adanya pengajaran membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar untuk dapat membaca Al-Qur’an dengan cepat seseorang harus mengenal dan mengetahui nama-nama huruf Al-Qur’an Fokus penelitian dalam skipsi ini adalah (1) Bagaimana peran Asaatidz dalam meningkatkan kelancaran membaca Al-Qur’an di TPQ Darul Ulum Ngunut ? (2) Bagaimana peran Asaatidz dalam meningkatkan kefasihan membaca Al-Qur’an di TPQ Darul Ulum Ngunut? (3) Bagaimana peran Asaatidz dalam meningkatkan tahsin tilawah Al-Qur’an di TPQ Darul Ulum Ngunut?. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan peran Asaatidz dalam meningkatkan kelancaran membaca Al-Qur’an di TPQ Darul Ulum Ngunut, (2) Untuk mengetahui peran Asaatidz dalam meningkatkan kefasihan Al-Qur’an di TPQ Darul Ulum Ngunut, (3) Untuk mengetahui peran Asaatidz dalam meningkatkan tahsin tilawah Al-Qur’an di TPQ Darul Ulum Ngunut. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, untuk metode pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data yang berbentuk insan dan non insani. Sumber data yang berupa insane atau manusia yaitu Kepala Madrasah TPQ, Pendidik, murid, serta wali murid atau orang tua murid. Sedangkan sumber data yang berupa non insane berupa dokumen yang berkaitan dengan masalah penelitian ini. Dengan menggunakan teknik analisis data menggunakan model interaktif versi Miles dan Huberman berupa reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Teknik keabsahan data dengan menggunakan perpanjangan keikutsertaan,ketekunan pengamat, serta triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran Asaatidz dalam meningkatkan kualitas membaca Al-Qur’an di TPQ Darul Ulum Ngunut meliputi tiga aspek yaitu: aspek kelancaran, kefasihan, dan aspek tahsin tilawah. Aspek kelancaran berkaitan dengan tiga pokok penting dalam membaca Al-Qur’an yaitu:Tahqiq (membaca dengan pelan dan meresapi), Hadr (membaca dengan cepat akan tetapi tetap menjaga hukum bacaanya), Tadwir (menggunakan ukuran pertengahan antara Tahqiq dan Hadr, dan tartil (membaca pelan). Meningkatkan kefasihan membaca Al-Qur’an dengan ustadz/ustadzah melakukan pengulangan dalam membaca AlQur’an agar santri terbiasa membaca dengan fasih. Aspek Tahsin Tilawah berkaitan dengan membaguskan bacaan Al-Qur’an. Bacaan Al-Qur’an dikatakan bagus apabila membacanya sesuai dengan kaidah ilmu tajwid. Tata cara membaca Al-Qur’an dengan menggunakan Tahsin Tilawah di TPQ Darul Ulum ini yaitu dengan cara Ustadz/Ustadzah mengajarkan cara membaca Al-Qur’an dengan menggunakan lagu rost. Dalam pembelajaran metode tahsin tilawah menggunakan teknik klasikal dan baca simak (individu). Jadi tiga aspek diatas sangat berpengaruh terhadap kualitas membaca Al-Qur’an santri di TPQ Darul Ulum Ngunut Tulungagung. Sorogan yang dilakukan oleh ustadz/ustadzah secara langsung berfungsi untuk mengetahui perkembangan serta peningkatan kualitas membaca Al-Qur'an para santri. Jadi dapat disimpulkan bahwa peran asaatidz dalam meningkatkan kualitas membaca Al-Qur’an di TPQ Darul Ulum Ngunut Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811133099 FITRIA NUR LAILATUR ROHMAH
Date Deposited: 09 Nov 2018 02:37
Last Modified: 09 Nov 2018 02:37
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9632

Actions (login required)

View Item View Item