PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MATTERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL MTs DARUL FALAH BENDILJATI KULON SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2017/2018

MISBAHUDDIN, 3214103100 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MATTERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL MTs DARUL FALAH BENDILJATI KULON SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2017/2018. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (679kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (372kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (90kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018” ditulis oleh Misbahuddin, NIM. 3214103100, pembimbing Dr. Muniri, M.Pd. Kata Kunci: Make a Match, Hasil Belajar, Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyak siswa MTs yang tidak menyukai dengan mata pelajaran matematika. 80% siswa mengatakan matematika itu sulit, menakutkan dan tidak menarik. Faktor tersebut karena siswa tidak paham dengan penjelasan guru. Dalam pembelajaran guru menjelaskan materi kemudian memberi tugas sehingga siswa merasa jenuh. Kondisi seperti ini menarik perhatian peneliti untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match karena guru belum pernah menerapkannya. Adapun rumusan masalah ini adalah: 1) Apakah ada Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung Tahun Ajaran 2017/ 2018. 2) Seberapa besar Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Uji yang digunakan dalam analisis data adalah uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018. Hal ini terbukti dari perhitungan data diperoleh ℎ = 2,777 ≥ = 1,671 dengan menggunakan taraf signifikan = 0,05. Selain itu dari penelitian ini diperoleh hasil penelitian bahwasanya hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung dengan materi sistem persamaan linier dua variabel meningkat meskipun peningkatan masih dalam taraf rendah yakni 11,99%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 3214103100 MISBAHUDDIN
Date Deposited: 18 Sep 2018 02:31
Last Modified: 18 Sep 2018 02:31
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9403

Actions (login required)

View Item View Item