Penerapan Metode Discovery dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sains Siswa Kelas III MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung

Septiana, Erry Muliawati (2012) Penerapan Metode Discovery dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sains Siswa Kelas III MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung. [ Skripsi ]

[img] Text
BAB I SKRIPSI.doc

Download (85kB)
[img] Text
BAB II SKRIPSI.docx

Download (49kB)
[img] Text
BAB III SKRIPSI 2.docx

Download (46kB)
[img] Text
BAB IV SKRIPSI.docx

Download (143kB)
[img] Text
BAB V SKRIPSI.doc

Download (46kB)
[img] Text
bagian awal skripsi ERRY.docx

Download (169kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.docx

Download (23kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa pengetahuan dan pemahaman siswa tentang Sains hanya bertumpu pada hafalan semata tanta adanya belajar yang bermakna. Siswa dapat mengetahui dengan hafalan bukan dengan pemahaman atas sesuatu yang mereka temukan sendiri dengan bimbingan guru atau lingkungan baik sekolah maupun rumah. Sehingga hasil belajar mata pelajaran Sains siswa di Madrasah Ibtidaiyah Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung relatif rendah. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana penerapan metode discovery pada mata pelajaran Sains siswa kelas III MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung? (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa dengan diterapkannya metode discovery pada mata pelajaran Sains siswa kelas III MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam hal ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan penerapan metode discovery pada mata pelajaran Sains siswa kelas III MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung (2) Untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dengan diterapkannya metode discovery pada mata pelajaran Sains siswa kelas III MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung. Dalam penelitian ini digunakan metode dokumentasi, observasi, tes dan wawancara. Dokumentasi digunakan untuk memperoleh data terkait tugas-tugas atau karya siswa. Sedangkan observasi dan tes digunakan untuk menggali data tentang proses pembelajaran siswa serta hasil belajarnya. Wawancara digunakan untuk mengetahui kondisi keadaan siswa. Setelah penulis mengadakan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan metode discovery, akhirnya dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sains pada siswa kelas III MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung. Hasil hitung hasil belajar siswa pada tes awal rata-rata nilai hasil belajarnya adalah 62,7, setelah mendapat perlakuan yaitu pada siklus 1 rata-rata nilai hasil belajar siswa 70,2 dan persentase ketuntasan belajarnya 30,8% sedangkan pada siklus 2 rata-rata nilai hasil belajar siswa adalah 89,4 dan persentase ketuntasan belajarnya mencapai 100%. Dari data tersebut terlihat bahwa penerapan metode discovery dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Sains siswa kelas III MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 28 Jan 2015 08:00
Last Modified: 28 Jan 2015 08:00
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/940

Actions (login required)

View Item View Item