PENGARUH BERCERITA TERHADAP KREATIVITAS MELIPAT PADA ANAK KELOMPOK B di RA TARBIYATUSSIBYAN TANJUNG KALIDAWIR

AINA BINTI MUTHOHAROH, 1726143002 (2018) PENGARUH BERCERITA TERHADAP KREATIVITAS MELIPAT PADA ANAK KELOMPOK B di RA TARBIYATUSSIBYAN TANJUNG KALIDAWIR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (445kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (468kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (167kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (283kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (435kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (962kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (971kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (93kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Bercerita Terhadap Kreativitas Melipat Kertas Origami ” ini ditulis oleh Aina Binti Muthohharoh, NIM 1726143002, pembimbing Susanto M,Or Kata Kunci : Bercerita, Kreativitas, Kertas Origami. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran yang diberikan pada anak usia dini masih sangat bersifat akademik dan terpaku pada kurikulum yang ada Anak didik kurang diberikan kesempatan dalam mengemukakan pendapat dan mengekspresikan kemampuan serta kreativitasnya. Guru juga lebih bersifat teacher center, guru memberikan penjelasan yang kaku dan anak-anak pasif. Hal tersebut nampak pada saat anak didik diberikan sebuah permainan membuat suatu benda dengan lego, plastisin atau balok. Mereka mengalami kesulitan dan tidak memiliki inisiatif untuk berkarya dan mewujudkan imajinasinya. Hal yang lebih kentara, anak begitu ragu untuk mengubah gagasanya. Jika kondisi ini dibiarkan maka akan sangat mempengaruhi daya kreativitas dan imajinasinya. Karena dengan berkembangnya kreativitas ini, anak dapat memenuhi salah satu kebutuhannya yaitu mampu megaktualisasikan potensinya. Melalui berbagai hal termasuk bercerita. Anak akan membentuk konsep pada otaknya bahwa ada banyak benda yang dikenalya. Dan dapat diaktualisasikan melalui bentuk lipatan. Problem yang menjadi landasan bagi peneliti untuk memperkaya dan mengeksplorasi metode bercerita dalam perkembangan anak. Meskipun banyak metode namun, perkembangan anak usia dini menangkap lebih cepat melalui pendengaran. Maka dari itu metode bercerita lebih efektif untuk mengembangkan daya kreativitas dan imajinasi anak. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan penelitian kuantitatif. Ditinjau dari segi tempat dilaksanakannya penelitian, penelitian ini merupakan penelitian kelas dan bersifat eksperimental maka yang akan digunakan, yakni jenis penelitian eksperimen. Dalam penelitian ini, pengumpulan data dilakukan dengan teknik perlakuan pre test dan post test. Adapun rumusan masalah berdasarkan identifikasi masalah dari penelitian ini ada dua: pertama, Apakah bercerita berpengaruh terhadap kreativitas melipat kertas origami pada anak RA Tarbiyatussibyan?. Kedua, Seberapa besar pengaruh bercerita terhadap kreativitas melipat kertas origami pada anak RA Tarbiyatussibyan? Hasil dari penelitian ini adalah: pertama, terdapat pengaruh signifikan terhadap kreativitas melipat kertas origami anak kelompok B RA Tarbiyatussibyan Desa Tanjung, Kecamatan Kalidawir, Kabupaten Tulungagung. Hasil analisis uji t Independent t.test hasil post-test dengan nilai t hitung adalah 0,05 dengan signifikan 0,606. Hal itu juga didukung oleh nilai mean kelas eksperimen sebesar 25.8000. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa kedua varian post test kelas eksperimen dan post test kelas control dinyatakan Ha diterima. Kedua, pengaruh bercerita terhadap kreativitas melipat kertas origami pada anak sebesar 85%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > PAUD
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 1726143002 AINA BINTI MUTHOHAROH
Date Deposited: 18 Sep 2018 07:48
Last Modified: 18 Sep 2018 07:48
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9227

Actions (login required)

View Item View Item