PENGARUH PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII PADA MATERI LINGKARAN DI SMPN 5 TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2017/2018

ANIFA MIFTAHUL JANNAH, 1724143028 (2018) PENGARUH PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII PADA MATERI LINGKARAN DI SMPN 5 TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2017/2018. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (878kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (780kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (979kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (895kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (178kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII pada Materi Lingkaran di SMPN 5 Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018” ini ditulis oleh Anifa Miftahul Jannah, NIM. 1724143028, pembimbing Dr. Dewi Asmarani, M.Pd. Kata Kunci: Pendekatan Matematika Realistik, Motivasi, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini disebabkan karena pembelajaran lebih banyak didominasi oleh guru, sehingga mengakibatkan siswa kurang termotivasi dan kurang menguasai materi. Oleh karena itu, diperlukan suatu pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk dapat mengkonstruksi sendiri pengetahuannya, salah satunya dengan pendekatan matematika realistik. Melalui pendekatan matematika realistik pembelajaran akan lebih menarik dan bermakna karena materi pelajaran dikaitkan dengan masalahmasalah yang dekat dengan kehidupan siswa. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh pendekatan matematika realistik terhadap motivasi belajar siswa, (2) untuk mengetahui pengaruh pendekatan matematika realistik terhadap hasil belajar matematika, (3) untuk mengetahui pengaruh pendekatan matematika realistik terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII di SMPN 5 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian Quasi experimental dengan desain Posttest-only Control Group Desaign. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 5 Tulungagung. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII-G (kelompok kontrol) dan VIII-I (kelompok eksperimen). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data statistik yaitu Uji Independen Sample tTest dan Uji MANOVA. Berdasarkan hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh pendekatan matematika realistik terhadap motivasi belajar siswa. Terbukti dengan nilai sig. 0,002 < 0,05 dan thitung > ttabel = 3,17 > 2,000 dengan rata-rata motivasi belajar siswa kelas eksperimen sebesar 70,03 dan kelas kontrol sebesar 64,71. (2) ada pengaruh pendekatan matematika realistik terhadap hasil belajar matematika. Terbukti dengan nilai sig. sebesar 0,000 < 0,05 dan thitung > ttabel = 3,979 > 2,000 dengan rata-rata nilai posttest kelas eksperimen sebesar 80,44 sedangkan kelas kontrol sebesar 72. (3) ada pengaruh pendekatan matematika realistik terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa. Terbukti dari analisis Pillai’s Trace, Wilks’ Lambda, Hotelling's Trace, Roy's Largest Root, dimana sig. sebesar 0,000 < 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 1724143028 ANIFA MIFTAHUL JANNAH
Date Deposited: 12 Oct 2018 06:46
Last Modified: 12 Oct 2018 06:46
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9062

Actions (login required)

View Item View Item