PENGARUH EXPLICIT INSTRUCTION TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTS. GUPPI POGALAN TRENGGALEK TAHUN AJARAN 2013/2014

RIYADU, SULAIMAN (2014) PENGARUH EXPLICIT INSTRUCTION TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTS. GUPPI POGALAN TRENGGALEK TAHUN AJARAN 2013/2014. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
iain-ta-st-riyadusula-310-1-awal_skr-i.pdf

Download (738kB) | Preview
[img]
Preview
Text
iain-ta-st-riyadusula-310-2-babis.-v.pdf

Download (825kB) | Preview
[img]
Preview
Text
iain-ta-st-riyadusula-310-3-daftarp-a.pdf

Download (141kB) | Preview

Abstract

Sebuah fenomena rendahnya nilai hasil belajar matematika yang disebabkan rendahnya minat belajar matematika. Hal ini menunjukkan bahwa metode mengajar ataupun strategi pembelajaran yang monoton ataupun membosankan dapat berpengaruh pada minat siswa dalam belajar, sehingga pemahaman terhadap materi pun kurang dan berdampak pada hasil belajar siswa yang cenderung tidak bagus atau dibawah KKM. Berdasarkan permasalahan tersebut, solusi yang tepat adalah dengan menggunakan proses pembelajaran yang lebih menekankan pembelajaran langsung terhadap materi apa yang hendak diajarkan kepada siswa. Pembelajaran secara jelas apa yang harus dilakukan siswa sehingga siswa mudah memahami materi yang diajarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Explicit Intruction terhadap hasil belajar matematika siswa Kelas VIII MTs. GUPPI Pogalan Trenggalek tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan tehnik purposive sampling, dengan variabel bebas yaitu Teknik Pembelajaran Explicit Instruction dan variabel terikatnya yaitu minat belajar siswa. Dalam penelitian ini mengambil populasi seluruh kelas VIII yang berjumlah 48 siswa, dan 48 siswa tersebut diambil sebagai sampel yang terdiri dari 2 kelas. Teknik analisis menggunakan uji t-test. Sedangkan metode pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Dari hasil analisis data, diperoleh thitung untuk hasil belajar matematika diperoleh melalui perhitungan sebesar 2,760. Sedangkan ttabel pada taraf signifikansi 5% adalah 2,021 dan dari hasil uji t dua arah menunjukkan nilai Asymp. Sig (2-tailed) sebesar 0,008. Nilai sig. 0,008 < 0,025 sehingga menujukkan pengaruh yang signifikan dari penerapan model tersebut dan melalui hasil belajar siswa menunjukkan nilai rata-rata 90,87 nilai rata-rata tersebut lebih tinggi 7,83 dengan kelas kontrol yang nilai rata-rata tesnya sebesar 83,04. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan penerapan explicit instruction terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII di MTs. GUPPI Pogalan tahun ajaran 2013-2014 adalah sebesar 9,42%. Sehingga dapat disimpulakan terdapat Pengaruh Explicit Instruction Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa kelas VIII MTs. GUPPI Pogalan Trenggalek Tahun Ajaran 2013/2014

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 26 Sep 2014 04:39
Last Modified: 26 Sep 2014 04:39
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9

Actions (login required)

View Item View Item