KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS X APK DALAM MENYELESAIKAN TIPE SOAL ANALISIS MATERI BARISAN DAN DERET DITINJAU DARI GENDER DI SMKM WATULIMO TRENGGALEK

TUTUS DINANTIKA, 1724143248 (2018) KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS X APK DALAM MENYELESAIKAN TIPE SOAL ANALISIS MATERI BARISAN DAN DERET DITINJAU DARI GENDER DI SMKM WATULIMO TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (716kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (525kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I .pdf

Download (478kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (721kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III .pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV .pdf

Download (748kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (284kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (257kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (235kB)

Abstract

ABSTRAK Tutus Dinantika. NIM. 1724143248. Kemampuan Pemacahan Masalah Siswa Kelas X Dalam Menyelesaikan Tipe Soal Analisis Materi Barisan dan Deret Ditinjau Dari Gender Di SMKM Watulimo Trenggalek. Skripsi. Tulungagung: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Pembimbing Dr. Maryono, M.Pd Kata Kunci: Pemecahan Masalah, Tipe Soal Analisis, Gender, Barisan dan Deret. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebeuah fenomena bahwa dalam proses belajar siswa akan mengalami suatu masalah yang mengharuskan siswa memiliki kemampuan pemecahan masalah, yang nantinya dapat membantu siswa dalam menyelesaikan masalah yang dialami. Masalah yang dihadapi siswa erat kaitannya dengan masalah atau soal yang dihadapi. Salah satunya tipe soal analisis karena dalam soal tipe analisis disajikan dalam bentuk uraian atau soal dengan cerita, sehingga siswa akan dituntut untuk dapat menguraikan suatu situasi atau keadaan tertentu ke dalam unsur-unsur atau komponen-komponen pembentuknya. Sehingga, akan berkaitan dengan cara siswa dalam memecahkan masalah yang mana memiliki kemampuan yang berbeda, salah satu diantaranya kemampuan pemecahan masalah laki-laki dan perempuan (gender). Perbedaan kemampuan pemecahan masalah antara siswa laki-laki dan perempuan juga di jumpai pada siswa kelas X APK di SMKM Watulimo Trenggalek pada materi barisan dan deret. Tujuan Penelitian: (1) Untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa laki-laki kelas X APK dalam menyelesaikan tipe soal analisis materi barisan dan deret di SMKM Watulimo Trenggalek?, (2) Untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa perempuan kelas X APK dalam menyelesaikan tipe soal analisis materi barisan dan deret di SMKM Watulimo Trenggalek? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian adalah di SMKM Watulimo Trenggalek. Sumber data hasil tes tertulis, hasil wawancara dengan narasumber, hasil observasi dari subjek yang diteliti, dan dokumen. Subjek yang diteliti berjumlah empat orang yang terdiri dari dua siswa laki-laki dan dua siswa perempuan. Teknik pengumpulan data metode tes, wawancara tidak terstruktur, dan observasi nonpartisipan. Analisis data dimulai dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data pemeriksaan ketekunan pengamat, triangulasi, dan pemeriksaan sejawat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa perempuan lebih unggul dari pada siswa laki-laki dalam kemampuan pemecahan masalah, meskipun perbedaannya tidak terlalu signifikan. Siswa laki-laki dalam memahami masalah, merencanakan penyelesaian, menyelesaikan masalah dan memeriksa kembali jawabannya berkemampuan cukup. Sedangkan siswa perempuan dalam memahami masalah, merencanakan penyelesaian, menyelesaikan masalah, dan memeriksa kembali jawabannya berkemampuan baik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 1724143248 TUTUS DINANTIKA
Date Deposited: 20 Aug 2018 06:27
Last Modified: 20 Aug 2018 06:27
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8958

Actions (login required)

View Item View Item