ANALISIS TINGKAT KREATIVITAS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA MATERI LINGKARAN PADA SISWA KELAS VIII MTs NURUL HUDA PULE TRENGGALEK TAHUN AJARAN 2017/2018

FITRI ANI, 1724143100 (2018) ANALISIS TINGKAT KREATIVITAS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA MATERI LINGKARAN PADA SISWA KELAS VIII MTs NURUL HUDA PULE TRENGGALEK TAHUN AJARAN 2017/2018. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (963kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (203kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (98kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (87kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (141kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “AnalisisTingkat Kreativitas Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Materi Lingkaran pada Siswa Kelas VIII MTs Nurul Huda Pule Trenggalek Tahun Ajaran 2017/2018” ini ditulis oleh Fitri Ani, NIM 1724143100, dibimbing oleh Dr. Muniri, M.Pd. Kata Kunci : Tingkat Kreativitas, Menyelesaikan Masalah Masalah yang terjadi dalam penelitian ini adalah masih banyaknya guru yang menekankan pemahaman tanpa memperhatikan kreativitas siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini terlihat saat siswa mengerjakan soal, mereka hanya berpatokan pada contoh yang diberikan guru. Kebanyakan siswa tidak mempunyai cara yang berbeda dari yang sudah diajarkan oleh guru, akibatnya tingkat kreativitas siswa tidak berkembang. Padahal tujuan pembelajaran diarahkan untuk mengembangkan tingkat kreativitas siswa. Tingkat kreativitas sendiri dapat diketahui dan dikembangkan melalui pendekatakan penyelesaian masalah. Masalah yang digunakan berupa soal matematika non rutin atau kontekstual yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah Bagaimana tingkat kreativitas siswa dalam menyelesaikan masalah matematika materi lingkaran pada siswa kelas VIII MTs Nurul Huda Pule Trenggalek tahun ajaran 2017/2018? Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk mendeskripsikan tingkat kreativitas siswa dalam menyelesaikan soal matematika materi lingkaran pada siswa kelas VIII MTs Nurul Huda Pule Trenggalek tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Adapun lokasi penelitian yang dipilih adalah MTs Nurul Huda Pule Trenggalek dengan subyek penelitian 5 peserta didik berdasarkan hasil tes. Data yang digunakan adalah data hasil tes dan wawancara dengan subyek. Tes yang digunakan mencakup materi lingkaran yang berkaitan dengan luas lingkaran dan garis singgung lingkaran. Analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data dan menarik simpulan. Adapun pengecekan keabsahan data melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan atau keajegan pengamat, triangulasi dan teman sejawat melalui diskusi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Kefasihan dalam menyelesaikan masalah lingkaran ditunjukkan dengan kemampuan peserta didik dalam memecahkan permasalahan yang diajukan dengan satu atau lebih cara yang tepat dan hasilnya benar. Kefasihan merupakan komponen kreativitas yang dominan dicapai oleh peserta didik. (2) Fleksibilitas dalam menyelesaikan masalah lingkaran ditunjukkan dengan kemampuan peserta didik dalam memecahkan permasalahan yang diajukan dengan beberapa cara yang memiliki pendekatan berbeda secara tepat.(3) Kebaruan dalam menyelesaikan masalah ditunjukkan dengan kemampuan peserta didik dalam memecahkan permasalahan yang diajukan dengan satu cara tersendiri atau baru yang tidak digunakan oleh peserta didik lain.(4) Tingkat kreativitas tertinggi yang dicapai subyek yaitu Tingkat 4 (Sangat Kreatif) karena mampu menunjukkan kefasihan, fleksibilitas dan kebaruan. (5) Tingkat 3 (Kreatif) dicapai oleh tiga subyek, dua subyek pada soal nomor 1 dan 2 dan satu subyek pada soal nomor 1 karena mampu menunjukkan kefasihan dan fleksibilitas, tingkat ini merupakan tingkat yang paling dominan dicapai oleh subyek. (6) Tingkat 1 (Kurang Kreatif) dicapai oleh satu subyek pada soal nomor 1 karena hanya mampu menunjukkan kefasihan saja. (7) Tingkat kreativitas 0 dicapai oleh dua subyek yakni subyek pertama pada nomor 1 maupun nomor 2 dan subyek kedua pada nomor dua karena tidak mampu memenuhi satu pun dari indikator kreativitas.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 1724143100 FITRI ANI
Date Deposited: 13 Nov 2018 03:21
Last Modified: 13 Nov 2018 03:21
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8947

Actions (login required)

View Item View Item