PERBEDAAN HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING DAN QUANTUM LEARNING PADA SISWA KELAS VIII MATERI KUBUS DAN BALOK DI MTS DARUL FALAH TAHUN AJARAN 2017/2018

NIKEN NUR FADILLA, 1724143182 (2018) PERBEDAAN HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING DAN QUANTUM LEARNING PADA SISWA KELAS VIII MATERI KUBUS DAN BALOK DI MTS DARUL FALAH TAHUN AJARAN 2017/2018. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (114kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (263kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (931kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (143kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Perbedaan Hasil Belajar dengan Menggunakan Model Discovery Learning dan Quantum Learning pada Siswa Kelas VIII Materi Kubus dan Balok di MTs Darul Falah tahun ajaran 2017/2018” yang ditulis oleh Niken Nur Fadilla, NIM.1724143182, Pembimbing Ummu Sholihah, M. Si. Kata Kunci: Discovery Learning, Quantum Learning, dan Hasil Belajar Permasalahan yang terjadi dalam pembelajaran matematika, antara lain: Proses pembelajaran lebih berpusat pada guru sehingga siswa menjadi kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran, Dalam kegiatan pembelajaran guru belum menggunakan pendekatan dan metode pembelajaran yang bervariasi sehingga siswa kurang tertarik dalam mengikuti pembelajaran, Guru kurang memberikan peluang kepada siswa untuk menemukan pengetahuannya sendiri melalui kehidupan nyata, sehingga siswa kurang termotivasi dalam kegiatan belajar mengajar. Model pembelajaran yang dapat diterapkan yaitu discovery learning dan quantum learning. Discovery learning adalah suatu pembelajaran dimana siswa mampu menemukan konsep dan prinsip secara mandiri, sedangkan quantum learning adalah petunjuk, strategi dan seluruh proses belajar yang dapat mempertajam pemahaman serta membuat belajar sebagai suatu proses yang menyenangkan dan bermanfaat. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) Mengetahui Perbedaan hasil belajar dengan menggunakan model discovery learning dan quantum learning pada siswa kelas VIII materi kubus dan balok di MTs Darul Falah, (2) Mengetahui model pembelajaran yang lebih baik untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII MTs Darul Falah tahun ajaran 2017/2018. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas VIII C dan VIII D MTs Darul Falah yang berjumlah 64 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan tes. Analisis datanya menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Ada perbedaan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning dan quantum learning pada siswa kelas VIII materi kubus dan balok di MTs Darul Falah tahun ajaran 2017/2018. Hal ini karena t hitung (2,620) ≥ ttabel (1,999) pada taraf signifikansi 5%. (2) Model discovery learning lebih baik digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dibandingkan quantum learning dengan nilai rata-rata (89,09 ˃ 83,59).

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 1724143182 NIKEN NUR FADILLA
Date Deposited: 02 Nov 2018 02:21
Last Modified: 02 Nov 2018 02:21
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8946

Actions (login required)

View Item View Item