PENGARUH PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBASIS KEISLAMAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PELUANG KELAS VIII MTs NEGERI 2 KEDIRI TAHUN AJARAN 201 7/201 8

ELIYA NADWATU FIKRIYA, 1724143088 (2019) PENGARUH PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBASIS KEISLAMAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PELUANG KELAS VIII MTs NEGERI 2 KEDIRI TAHUN AJARAN 201 7/201 8. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (9MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (267kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (380kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (555kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (364kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (344kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (220kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (90kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (9kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Pendekatan Kontekstual Berbasis Keislaman terhadap Hasil Belajar Materi Peluang Kelas VIII MTs Negeri 2 Kediri” ini ditulis oleh Eliya Nadwatu Fikriya, NIM 1724143088, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), IAIN Tulungagung, pembimbing Sutopo, M.Pd Kata Kunci : Pendekatan Kontekstual Berbasis Keislaman, Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya motivasi dan minat belajar siswa dalam matematika dikarenakan ketidaktahuan mereka tentang hakikat aplikasi matematika, yang membuat hasil prestasi belajar rendah. Sikap-sikap tersebut tentunya mempengaruhi hasil yang akan mereka capai dalam belajar. Sehingga peneliti menghubungkan masalah hasil belajar Matematika dengan pendekatan kontekstual berbasis keislaman di MTs Negeri 2 Kediri. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui adanya pengaruh pendekatan konstektual berbasis keislaman terhadap hasil belajar matematika materi peluang kelas VIII di MTs Negeri 2 Kediri. (2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pendekatan konstektual berbasis keislaman terhadap hasil belajar matematika materi peluang kelas VIII di MTs Negeri 2 Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitiannya adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian Quasi Experimental Design atay biasa disebut eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN 2 Kediri yang berjumlah 378 siswa. Dalam pengambilan sampel digunakan teknik Sampling Purposive, dengan kelas VIII F sebagai kelas eksperimen, dan kelas VIII G sebagai kelas kontrol. Teknik dan instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah Uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh penerapan pendekatan kontekstual berbasis keislaman terhadap hasil belajar siswa pada materi peluang kelas VIII MTsN 2 Kediri. Hal ini ditunjukkan dengan thitung > ttabel atau 2,867 > 1,993 pada taraf signifikansi 5%. Dengan demikian hipotesis pada penelitian ini diterima yang menyatakan ada pengaruh yang signifikan penerapan pendekatan kontekstual terhadap hasil belajar siswa pada materi peluang kelas VIII MTsN 2 Kediri. (2) Besar pengaruh penerapan pendekatan kontekstual berbasis keislaman terhadap hasil belajar siswa pada materi peluang kelas VIII MTsN 2 Kediri tergolong kategori sedang yaitu sebesar 76%

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: S.Pd 1724143088 ELIYA NADWATU FIKRIYA
Date Deposited: 06 Feb 2019 04:39
Last Modified: 06 Feb 2019 04:39
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8940

Actions (login required)

View Item View Item