UPAYA MENINGKATKAN PENGENALAN GEOMETRI DENGAN PERMAINAN PUZZLE BERVARIASI PADA KELOMPOK B TK BUSTANUL ATHFAL AISYIYAH TAHUN 2017/2018

ROFIATUS SA’ADAH, 1726143049 (2018) UPAYA MENINGKATKAN PENGENALAN GEOMETRI DENGAN PERMAINAN PUZZLE BERVARIASI PADA KELOMPOK B TK BUSTANUL ATHFAL AISYIYAH TAHUN 2017/2018. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (490kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (902kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (53kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Upaya Meningkatkan Pengenalan Geometri melalui Permainan Puzzle Bervariasi pada Kelompok B TK Bustanul Athfal Aisyiyah Kamulan Trenggalek” yang ditulis oleh Rofiatus Sa’adah, NIM. 1726143049, pembimbing Germino Wahyu Broto, M.S.I Kata kunci : Meningkatkan, Geometri, Permainan Puzzle Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi dari pentingnya anak mengenal geometri sejak dini, yang merupakan tolak ukur awal kemampuan siswa setelah melakukan pengamatan belajar selama periode waktu tertentu. Kegiatan ini dapat dilihat ketika guru mengenalkan geometri dengan meminta anak menyebutkan diantara bentuk-bentuk geometri tetapi masih belum paham, sehingga anak keliru pada saat menyebutkan bentuk-bentuk geometri antara persegi dan persegi panjang tesebut. Permasalahan ini dapat dilihat dari kurang minatnya anak terhadap pembelajaran yang berhubungan kemahiran memecahkan suatu masalah yang ada. Sikap yang dimunculkan anak terhadap pembelajaran hanya acuh tak acuh, sehingga tidak terjadinya umpan balik yang baik sebagai respon yang diterimanya. Guru hanya menggunakan metode ceramah atau anak hanya mengerjakan di buku majalah, tanpa adanya kegiatan yang menarik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana cara meningkatkan pengenalan geometri siswa kelompok B TK Bustanul Athfal Aisyiyah Kamulan Trenggalek? (2) Bagaimana hasil peningkatan pengenalan geometri siswa melalui permainan puzzle bervariasi kelompok B TK Bustanul Athfal Aisyiyah Kamulan Trenggalek? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Mendeskripsikan cara meningkatkan pengenalan geometri siswa (2) Mendeskripsikan hasil meningkatnya pengenalan geometri siswa melalui permainan puzzle bervariasi. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek adalah siswa kelompok B di TK Bustanul Athfal Aisyiyah Kamulan Trenggalek pada semester II. Dengan model PTK kolaboratif. Jumlah populasi sebesar 29 siswa. Data penelitian diperoleh melalui observasi yang dilakukan guru saat pembelajaran berlangsung melalui lembar observasi dan dokumentasi. Penelitian dilakukan melalui tiga siklus, dengan setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik analisis data dengan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil analisis data pada siklus I, II dan III diperoleh keterangan bahwa (1) Cara meningkatkan pengenalan geometri siswa sudah bisa berjalan dengan baik yaitu dengan Bermain dan bekerjasama. Siswa akan lebih cepat merespon dan senang bila diajak bermain, jadi siswa belajar sambil bermain. Dengan demikian kemampuan pengenalan geometri kususnya pada siswa TK Bustanul Athfal Aisyiyah Kamulan Trenggalek pada kelompok B dapat berkembang. (2) Hasil peningkatan pengenalan geometri dengan permainan puzzle bervariasi yaitu siklus I pada presentase ketuntasan 59% dengan rata-rata hasil observasi (aktivitas siswa) 60% (mulai berkembang), pada siklis II presentase ketuntasan 68% dengan rata-rata hasil observasi (aktivitas siswa) 67% (mulai berkembang), Dan Siklus akhir yaitu Siklus III mengalami peningkatan signifikan yaitu pada presentase ketuntasan 82% dengan rata-rata hasil observasi (aktivitas siswa) 76% (berkembang). Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa permainan puzzle bervariasi dapat meningkatkan pengenalan geometri pada kelompok B semester II di TK Bustanul Athfal Aisyiyah Kamulan Trenggalek Tahun Ajaran 2017/2018.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > PAUD
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 1726143049 ROFIATUS SA’ADAH
Date Deposited: 10 Aug 2018 06:40
Last Modified: 10 Aug 2018 06:40
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8902

Actions (login required)

View Item View Item