PENGARUH METODE DISCOVERY LEARNING DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTs NEGERI 6 BLITAR TAHUN AJARAN 2017/2018

HANDAYANI, 1724143104 (2018) PENGARUH METODE DISCOVERY LEARNING DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTs NEGERI 6 BLITAR TAHUN AJARAN 2017/2018. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (521kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (754kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (612kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (562kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (458kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (301kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Discovery Learning dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII MTs Negeri 6 Blitar Tahun Ajaran 2017/2018” ini ditulis oleh Handayani , NIM.1724143104 Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Eni Setyowati, S.Pd,. M.M. Kata kunci: Discovery Learning, Motivasi, Matematika, Hasil Belajar Penelitian ini membahas tentang pengaruh metode discovery learning dan motivasi terhadap hasil belajar matematika siswa. Kajian ini dilatar belakangi oleh hasil pengamatan bahwa siswa sering mengeluh jika dihadapkan pada mata pelajaran matematika karena bagi mereka merupakan mata pelajaran yang menakutkan karena berhubungan dengan angka dan rumus. Hal ini berarti bahwa matematika kurang diminati oleh siswa sehingga berdampak terhadap rendahnya hasil belajar matematika. Selain itu hal ini dapat disebabkan oleh kurangnya motivasi belajar siswa serta metode pembelajaran yang diterapkan guru yang cenderung monoton. Oleh karena itu dalam proses pembelajaran diperlukan metode pembelajaran yang dapat meningkatkan minat belajar siswa sehingga siswa yang memiliki motivasi tinggi, sedang maupun rendah dapat meningkatkan hasil belajarnya. Serta siswa dapat lebih aktif dalam pembelajaran. Dalam hal ini, peneliti menghubungkan metode discovery learning dalam kaitannya dengan hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs Negeri 6 Blitar, dan melihat motivasi belajar siswa dalam kaitannya dengan hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs Negeri 6 Blitar. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh metode Discovery Learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs Negeri 6 Blitar tahun ajaran 2017/2018. (2) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh motivasi terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs Negeri 6 Blitar tahun ajaran 2017/2018. (3) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh metode Discovery Learning dan motivasi terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs Negeri 6 Blitar tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimental Designs yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Discovery Learning dan motivasi terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs Negeri 6 Blitar tahun ajaran 2017/2018. Dengan variabel bebasnya metode discovery learning dan motivasi, serta varibel terikatnya hasil belajar. Dalam pengambilan samping digunakan teknik cluster random sampling atau sampling acak kelompok. Banyaknya sampel dalam penelitian ini adalah 66 siswa. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Negeri 6 Blitar pada tanggal 5 -17 februari 2018. Metode analisis data penelitian ini menggunkan dua tahap yakni analisis awal dan analisis akhir. Analisis awal berupa uji homogenitas dan uji normalitas. Sedangkan analisis akhir menggunakan uji anava dua jalur. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes, angket, observasi dan dokumentasi. Metode tes berupa soal-soal digunakan untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa. Angket motivasi yang digunakan untuk mengukur motivasi belajar siswa. Metode observasi ini dilakukan dalam penelitian untuk memeroleh data–data tentang letak sekolah, kondisi fisik sekolah dan keadaan lingkungan sekolah. Metode dokumentasi ini digunakan untuk memeroleh data nilai rapor siswa, data jumlah siswa, dan namanama siswa. Hasil Penelitian menunjukan bahwa: (1) Ada pengaruh metode Discovery Learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs Negeri 6 Blitar tahun ajaran 2017/2018, dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan nilai

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 1724143104 HANDAYANI
Date Deposited: 10 Aug 2018 07:06
Last Modified: 10 Aug 2018 07:06
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8900

Actions (login required)

View Item View Item