PENERAPAN PERMAINAN KUDA BISIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK ANAK DI PAUD FLAMBOYAN DESA MANGUNSARI KECAMATAN KEDUNGWARU KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

UTAMI DEWI, 1726143060 (2018) PENERAPAN PERMAINAN KUDA BISIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK ANAK DI PAUD FLAMBOYAN DESA MANGUNSARI KECAMATAN KEDUNGWARU KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (8kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Permainan Kuda Bisik untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Anak di PAUD Flamboyan Desa Mangunsari Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2017/2018” ini ditulis oleh Utami Dewi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidkan Islam Anak Usia Dini, Istitut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Luluk Atirotu Zahro’, M.Pd Kata Kunci: Permainan Kuda Bisik, Kemampuan Menyimak Anak Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ada indikasi munculnya kesulitan dan kejenuhan selama pembelajaran ini diantaranya dikarenakan strategi pembelajaran yang digunakan guru kurang tepat. Akibatnya menjadikan anak bosan dan kurang berminat untuk belajar selain itu juga karena kemampuan siswa dalam berbahasa khususunya menyimak relatif rendah mengingat bahasa sehari-hari siswa di rumah dan lingkungan adalah bahasa Jawa. Untuk itu dibutuhkan strategi baru dalam pembelajaran bidang pengembangan kemampuan menyimak. Permainan kuda bisik digunakan dalam kegiatan belajar mengajar dalam penelitian ini adalah anak lebih memiliki minat dalam belajar sebab dengan permainan kuda bisik kegiatan belajar lebih menarik dan bervariatif. Dengan permainan ini kegiatan belajar akan lebih membawa pemikiran siswa kepada kegiatan sehari-hari karena kegiatan pembelajaran tidak hanya dilaksanakan di dalam kelas tetapi dilaksanakan di halaman sekolah Rumusan masalahnya adalah adalah 1) Bagaimana penerapan permainan kuda bisik dalam meningkatkan kemampuan menyimak di PAUD Flamboyan Desa Mangunsari Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2017/2018? 2) Bagaimana peningkatan kemampuan menyimak pada anak melalui permainan kuda bisik di PAUD Flamboyan Desa Mangunsari Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2017/2018? Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari tiga siklus. Data-data yang dipergunakan selama proses penelitian berlangsung bersumber dari data observasi dam dokumentasi, dan catatan lapangan. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), serta penarikan kesimpulan (condusion drawing) Hasil penelitiannya adalah 1) Penerapan permainan kuda bisik dalam meningkatkan kemampuan menyimak di PAUD Flamboyan Desa Mangunsari Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung, pelaksanaan penelitian berlangsung selama 3 siklus yaitu siklus I, siklus II dan siklus III. Setiap siklus membahas tentang bagaimana meningkatkan kemampuan menyimak melalui Permainan kuda bisik. Dalam pelaksanaan penelitian ini, setiap siklus terbagi dalam tiga tahap kegiatan yaitu (1) kegiatan awal (2) kegiatan inti (3) kegiatan penutup, 2) Peningkatan kemampuan menyimak pada anak melalui permainan kuda bisik di PAUD Flamboyan Desa Mangunsari Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2017/2018 dibuktikan dari hasil ratarata observasi kegiatan guru pada siklus I sebesar 70, kemudian Siklus II sebesar 83%, selanjutnya pada siklus III meningkat sebesar 93.33 dan untuk hasil rata-rata observasi terhadap anak pada siklus I sebesar 69.04%, siklus II sebesar 73.80%, kemudian meningkat pada Siklus III sebesar 83.33%.. Jadi hipotesis penelitian ini diterima yaitu pembelajaran menggunakan permainan kuda bisik dapat meningkatkan kemampuan menyimak pada anak Kelompok B PAUD Flamboyan Desa Mangunsari Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > PAUD
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 1726143060 UTAMI DEWI
Date Deposited: 09 Aug 2018 06:31
Last Modified: 09 Aug 2018 06:31
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8858

Actions (login required)

View Item View Item