Penggunaan Media Visual Gambar Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas II SDI Al Hakim Boyolangu Tulungagung

Ustati, Sri (2012) Penggunaan Media Visual Gambar Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas II SDI Al Hakim Boyolangu Tulungagung. [ Skripsi ]

[img] Text
AWAL.docx

Download (40kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (38kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (55kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (61kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (81kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (21kB)
[img] Text
COVER.docx

Download (245kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (23kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata Kunci: Media Visual Gambar, Prestasi Belajar. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan peneliti pada pembelajaran di kelas yang menunjukkan bahwa selama pelajaran perhatian siswa kurang, siswa kurang termotivasi untuk belajar dan partisipasi aktif siswa kurang sehingga pemahaman materi siswa tidak optimal. Hal ini ditunjukkan dengan masih rendahnya prestasi belajar yang dicapai siswa. Rumusan Masalah: Apakah Penggunaan Media Visual Gambar pada mata pelajaran IPA materi Pengaruh Matahari bagi Bumi dapat meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas II SDI Al Hakim Boyolangu Tulungagung ? Tujuan Penelitian: Untuk mendiskripsikan penggunaan Media Visual Gambar pada mata pelajaran IPA Materi Pengaruh Matahari bagi Bumi dalam meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas II SDI Al Hakim Boyolangu Tulungagung. Manfaat Penelitian: (1) Bagi Siswa SDI Al Hakim: Siswa termotivasi dan aktif belajar, Prestasi belajar siswa menjadi meningkat. (2) Bagi Guru SDI Al Hakim: Dapat mengidentifikasi permasalahan yang timbul di kelas, sekaligus mencari solusinya, Hasil penelitian digunakan untuk bahan pertimbangan sebagai upaya meningkatkan efektivitas pembelajaran IPA di sekolah. (3) Bagi Kepala Sekolah: Hasil penelitian dapat dijadikan dasar pengambilan kebijaksanaan peningkatan efektivitas pembelajaran IPA di sekolah. (4) Bagi Peneliti Lain: Hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan pertimbangan untuk pengembangan dalam penelitian. Metode Penelitian: (1). Jenis dan Desain Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, yang terdiri dari 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. (2). Subyek Penelitian ini adalah Siswa Kelas II-A SDI Al Hakim Boyolangu dengan jumlah siswa 15 anak. (3). Teknik Pengumpulan Data menggunakan tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. (4). Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif meliputi kegiatan reduksi data, menyajikan data, dan penarikan kesimpulan, sedangkan data kuantitatif dianalisis menggunakan rumus %X = x 100%, dengan %X = persentase ketuntasan kelas, X1 = jumlah siswa yang tuntas individual, dan N = jumlah seluruh siswa. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah adanya peningkatan prestasi belajar siswa yang ditunjukkan dengan nilai rata-rata dari pre test 60,0 presentase ketuntasan (13,33%), post test siklus I rata-rata 74,66 presentase ketuntasan (73,33%), post test siklus II rata-rata 84 presentase ketuntasan (86,66%). Selain itu, ada peningkatan keaktifan siswa selama pembelajaran berlangsung. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media visual gambar dapat meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas II SDI Al Hakim Boyolangu Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 28 Jan 2015 04:19
Last Modified: 28 Jan 2015 04:19
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/884

Actions (login required)

View Item View Item