Korelasi profesional guru akidah akhlak dengan hasil belajar kelas X di MAN 1 Blitar tahun ajaran 2017-2018

M Agus Thohir, 1721143218 (2018) Korelasi profesional guru akidah akhlak dengan hasil belajar kelas X di MAN 1 Blitar tahun ajaran 2017-2018. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab IV.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (110kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK M Agus Thohir, NIM: 1721143218, Tahun 2018, “Korelasi Kompetensi Profesional Guru Mata Pelajaran Akidah Akhlak dengan Hasil Belajar Siswa Kelas X di MAN 1 Blitar Tahun 2017/2018”, skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, Institut Agama Negeri Tulungagung (IAIN), Dosen Pembimbing: Drs. H. Asrop Syafi’i,M.Ag NIP : 196909182000031002. Kata Kunci: Profesional Guru Akidah Akhlak, Hasil Belajar Siswa Penelitian ini merujuk kepada adanya permasalahan pendidikan di bidang kompetensi guru yang kurang bisa memaksimalkan dalam proses pengajaran di kelas. Penelitian ini mempunyai rumusan masalah : 1. Adakah korelasi yang positif lagi signifikan antara kompetensi profesional guru mata pelajaran Akidah Akhlak dalam menguasai materi pelajaran dengan hasil belajar siswa kelas X pada semester genap di MAN 1 Blitar Tahun 2017/2018 ? 2. Adakah korelasi yang positif lagi signifikan antara kompetensi profesional guru mata pelajaran Akidah Akhlak dalam menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar dengan hasil belajar siswa kelas X pada semester genap di MAN 1 Blitar Tahun 2017/2018 ? 3. Adakah korelasi yang positif lagi signifikan antara kompetensi profesional guru mata pelajaran Akidah Akhlak dalam memanfaatkan pemanfaatan media dengan hasil belajar siswa kelas X pada semester genap di di MAN 1 Blitar Tahun 2017/2018? 4. Adakah korelasi yang positif lagi signifikan antara kompetensi profesional guru mata pelajaran Akidah Akhlak dengan hasil belajar siswa kelas X pada semester genap di MAN 1 Blitar Tahun 2017/2018. Penelitian ini bertujuan untuk: (1.) mengetahui korelasi yang positif lagi signifikan antara kompetensi profesional guru mata pelajaran Akidah Akhlak dalam menguasai materi pelajaran dengan hasil belajar siswa kelas X pada semester genap di MAN 1 Blitar Tahun 2017/2018 (2.) mengetahui korelasi yang positif lagi signifikan antara kompetensi profesional guru mata pelajaran Akidah Akhlak dalam menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar dengan hasil belajar siswa kelas X pada semester genap di MAN 1 Blitar Tahun 2017/2018 (3.) mengetahui korelasi yang positif lagi signifikan antara kompetensi profesional guru mata pelajaran Akidah Akhlak dalam memanfaatkan pemanfaatan media dengan hasil belajar siswa kelas X pada semester genap di di MAN 1 Blitar Tahun 2017/2018 (4.) mengetahui korelasi yang positif lagi signifikan antara kompetensi profesional guru mata pelajaran Akidah Akhlak dengan hasil belajar siswa kelas X pada semester genap di MAN 1 Blitar Tahun 2017/2018. Pola penelitian: penelitian pendidikan, penelitian lapangan, penelitian deskriptif dan penelitian korelatif. Sampel: siswa kelas X Agama 3 dan IPS 3 pada semester Ganjil sebanyak 68 siswa yang ada di MAN 1 Blitar Tahun 2017/2018. Variable penelitian: Variable bebas : Kompetensi profesional guru (X) dengan sub-variabel: kompetensi profesional guru dalam menguasai materi pelajaran (X1), menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar (X2), dan memanfaatkan Media Ajar (X3). Variable terikat: hasil belajar siswa (Y). Sumber data: Responden dan dokumentasi. Metode pengumpulan data: observasi, angket, dokumentasi dan wawancara. Tehnik analisis data. Tehnik analisis data teoritik dengan model berpikir deduktif, tehnik analisis data empirik dengan menggunakan menggunakan model berpikir induktif dengan menggunakan rumus korelasi product moment. Adapun hasil penelitian menunjukkan: (1) Adanya Korelasi korelasi yang positif lagi signifikan antara kompetensi profesional guru mata pelajaran Akidah Akhlak dalam menguasai materi pelajaran dengan hasil belajar siswa dengan dibuktikan nilai signifikan 5% yaitu r-hitung (0,319) > r-tabel (0,287) sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. (2) Adanya Korelasi korelasi yang positif lagi signifikan antara kompetensi profesional guru mata pelajaran Akidah Akhlak dalam menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar dengan dibuktikan nilai signifikan 5% yaitu r-hitung (0,349) > r-tabel (0,287) sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. (3) Tidak ada korelasi yang positif lagi signifikan antara kompetensi profesional guru mata pelajaran Akidah Akhlak dalam memanfaatkan pemanfaatan media dengan hasil belajar siswa 5% yaitu r-hitung (0,236) < r-tabel (0,287) sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 diterima dan Ha ditolak. (4) Adanya Korelasi korelasi yang positif lagi signifikan antara kompetensi profesional guru mata pelajaran Akidah Akhlak hasil belajar siswa 5% yaitu r-hitung (0,319) > r-tabel (0,287) sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Artikel Dosen
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: SP.d 172114218 M Agus Thohir
Date Deposited: 07 Aug 2018 07:43
Last Modified: 07 Aug 2018 07:43
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8787

Actions (login required)

View Item View Item