Analisis Tingkat Berpikir Kreatif Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Tipe Soal Open Ended Pada Materi Pecahan Kelas V Sdn Ringin Rejo 04 Wates Blitar

Nawa safitri, 1725143200 (2018) Analisis Tingkat Berpikir Kreatif Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Tipe Soal Open Ended Pada Materi Pecahan Kelas V Sdn Ringin Rejo 04 Wates Blitar. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (314kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (356kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (224kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nawa Safitri, 1725143151, Analisis Tingkat Berpikir Kreatif Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Tipe Soal Open Ended Pada Materi Pecahan Kelas V Sdn Ringin Rejo 04 Wates Blitar. Jurusan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, Pembimbing: Dr. Maryono, M.Pd Kata Kunci: Tingkat Berpikir Kreatif, Open Ended Penelitian ini dilatar belakangi banyaknya kreativitas siswa dalam suatu soal matematika yang kurang diperhatikan oleh guru sehingga kurang mampu berkembang. Anggapan tentang matematika itu sulit dan membuat pusing semakin menyulitkan peserta didik untuk mengembangkan kreativitasnya. Selain itu, kreativitas merupakan suatu nikmatyang diberikan Allah SWT kepada manusia., jadi dengan mengembangkan dan memanfaatkan kreativitas yang dimiliki merupakan suatu bentuk rasa syukur manusia terhadap nikmat Allah SWT. Dengan penelitian ini, diharapkan akan menjadi motivasi peserta didik serta menjadi perhatian guru untuk mencari solusi dalam mengembangkan kreativitas peserta didiknya. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan tingkat kreativitas siswa laki-laki dalam menyelesaikan soal matematika tipe soal Open Ended materi Pecahan Kelas V SDN Ringinrejo 04 Wates Blitar. (2) Untuk mendeskripsikan tingkat kreativitas siswa perempuan dalam menyelesaikan soal matematika tipe soal Open Ended materi Pecahan Kelas V SDN Ringinrejo 04 Wates Blitar. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, dan ditinjau dari segi sifat-sifat data termasuk dalam penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dan jenis penelitianya menggunakan studi kasus. Informan dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, guru, dan peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi. Analisa data dilakukan mulai dari reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data dilakukan memperpanjang pengamatan, triangulasi, pembahasan teman sejawat melalui diskusi. Hasil penelitiannya adalah (1) Untuk peserta didik berjenis kelamin perempuan diwakili oleh subyek berinisial VEMR, FRS, dan ANF. Pencapaian tingkat kreativitasnya mencapai tingkat 3 dipenuhi dengan komponen fasih dan fleksibel. (2) Untuk peserta didik berjenis kelamin laki-laki diwakili oleh subjek berinisia BS, MA, dan YJ. Pencapaian tingkat kreativitasnya mencapai tingkat 2 dipenuhi dengan komponen fleksibel.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Skripsi 1725143277 Nawa safitri
Date Deposited: 02 Aug 2018 06:27
Last Modified: 02 Aug 2018 06:27
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8657

Actions (login required)

View Item View Item