PENGARUH METODE BERCERITA TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA ANAK KELOMPOK B DI RA RADEN FATAH PODOREJO SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

ULVA UKHLIYA, 1726143056 (2018) PENGARUH METODE BERCERITA TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA ANAK KELOMPOK B DI RA RADEN FATAH PODOREJO SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (419kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (177kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Ulva Ukhliya NIM: 1726143056 “Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini Kelompok B di RA Raden Fatah Podorejo Sumbergempol Tulungagung” Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, Tahun 2018 dibimbing oleh Mirna Wahyu Agustina, M.Psi Kata Kunci: Pengaruh Metode Bercerita, Kemampuan Berbicara Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan anak dalam merangkai kata menadi kalimat dan mengingat kosakata yang baru. Para pendidik tentunya menginginkan anak-anaknya menjadi seorang yang pandai dalam berbicara nya. Untuk menciptakan kemampuan yang diharapkan oleh pendidik tersebut harus dilatih kepada anak-anak sejak dini. Misalnya dengan mengucapkan kalimat-kalimat sederhana dalam sebuah cerita. Hal ini dikarenakan anak usia dini adalah masa golden age. Ketika anak berada pada usia ini harus diberi stimulus dan pendidikan yang baik sehingga dapat merangsang perkembangan dan pertumbuhan anak secara optimal. Untuk itu pendidik harus menciptakan kegiatan pembelajaran yang mampu meningkatkan kemampuan berbicara pada anak.Dalam hal ini peneliti menghubungkan masalah kemampuan berbicara anak dengan metode yang digunakan guru dalam pembelajaran di kelas. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh metode bercerita terhadap kemampuan berbicara anak di RA Raden Fatah Podorejo? (2) Seberapa besar pengaruh metode bercerita terhadap kemampuan berbicara anak di RA Raden Fatah Podorejo?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui adanya pengaruh metode bercerita terhadap kemampuan berbicara anak usia dini di RA Raden Fatah Podorejo dan (2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh metode bercerita terhadap kemampuan berbicara anak usia dini di RA Raden Fatah Podorejo. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen, serta menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian adalah seluruh anak kelompok B di RA Raden Fatah Podorejo yaitu sejumlah 62 anak, sampel dalam penelitian ini sejumlah 40 anak. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh yang signifikan antara metode bercerita terhadap kemampuan berbicara anak usia dini di RA Raden Fatah Podorejo. Hasil hitung pada taraf signifikansi 5% ternyata nilai thitung > ttabel, yaitu 37.470 > 1.68488, artinya Ha diterima dan Ho ditolak. (2) Besarnya pengaruh metode bercerita terhadap kemampuan berbicara anak usia dini menunjukkan hasil 79%. Maka dari hasil tersebut menunjukkan bahwa dengan metode bercerita mampu menjadikan kemampuan berbicara anak menjadi meningkat dan lebih baik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > PAUD
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 1726143056 ULVA UKHLIYA
Date Deposited: 06 Aug 2018 07:39
Last Modified: 06 Aug 2018 07:39
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8655

Actions (login required)

View Item View Item