Pengaruh Kecerdasan Logis-Matematis Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) Siswa Kelas X SMK Darissulaimaniyyah Kamulan Tahun Ajaran 2017/2018

ARIF RIZA AZIZI, 2814133017 (2018) Pengaruh Kecerdasan Logis-Matematis Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) Siswa Kelas X SMK Darissulaimaniyyah Kamulan Tahun Ajaran 2017/2018. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (371kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (790kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (417kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (360kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 6.pdf

Download (91kB) | Preview
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (205kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Kecerdasan Logis-Matematis terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) Kelas X SMK Darissulaimaniyyah Durenan Tahun Ajaran 2017/2018” ditulis oleh Arif Riza Azizi dibimbing oleh Miswanto, M. Pd. Kata kunci : Kecerdasan logis-matematis, hasil belajar, spldv Matematika merupakan disiplin ilmu yang bersifat abstrak dan penuh dengan permasalahan yang harus dipecahkan. Salah satu tujuan pembelajaran matematika yaitu mendorong siswa menjadi pemecah masalah berdasarkan proses berpikir kritis, logis, dan rasional. Salah satu dari kecerdasan jamak yang berkaitan dengan hal tersebut adalah kecerdasan logis-matematis. Kecerdasan logis-matematis adalah sebuah kecerdasan yang mengandung kemampuan berfikir secara logis, menganalisis angka-angka, mengeksplorasi pola-pola, serta memecahkan masalah secara rasional. Siswa dengan kecerdasan logis-matematis tinggi sangat suka bermain dengan bilangan dan menghitung, suka melakukan percobaan dengan cara yang logis, mempunyai kemampuan untuk berpikir abstrak, dan suka menyelesaikan berbagai persoalan yang membutuhkan penyelesaian yang logis. Untuk menguji apakah kecerdasan logis-matematis benar-benar berpengaruh terhadap hasil belajar matematika, maka penelitian ini ditujukan untuk : (1) mengetahui adanya pengaruh positif dan signifikan kecerdasan logis-matematis terhadap hasil belajar siswa, dan (2) mengetahui besarnya pengaruh kecerdasan logis-matematis terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Metode yang digunakan adalah metode dokumentasi dan tes. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Darissulaimaniyyah Kamulan yang berjumlah 42 siswa. Sampel pada penelitian ini sejumlah 30 siswa yang diambil dari jumlah populasi dengan metode lottery (undian). Mata pelajaran yang diteliti adalah matematika dengan materi sistem persamaan linier dua variabel (SPLDV). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh positif dan signifikan kecerdasan logis-matematis terhadap hasil belajar yang ditunjukkan dengan nilai thitung > ttabel atau 26,01 > 1,701, dan (2) besar pengaruh kecerdasan logis-matematis terhadap hasil belajar sebesar 96%. Dengan demikian, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : Terdapat pengaruh yang signifikan dan besar antara kecerdasan logis-matematis terhadap hasil belajar matematika materi sistem persamaan linier dua variabel (SPLDV) siswa kelas X SMK Darissulaimaniyyah Kamulan tahun ajaran 2017/2018. Jadi, peserta didik yang mempunyai kecerdasan logis-matematis yang tinggi, lebih cepat dalam menyerap, memahami dan memecahkan masalah pada pelajaran matematika, dibanding peserta didik yang mempunyai kecerdasan logis-matematis yang lebih rendah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: S.Pd 2814133017 ARIF RIZA AZIZI
Date Deposited: 01 Aug 2018 03:58
Last Modified: 01 Aug 2018 03:58
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8622

Actions (login required)

View Item View Item