Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar PAI di SMPN 1 Selopuro Blitar

Yefi Indraswari, 1721143420 (2018) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar PAI di SMPN 1 Selopuro Blitar. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFRTAR ISI.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (436kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (380kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (303kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (169kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (118kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (116kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar PAI di SMPN 01 Selopuro Blitar” ini ditulis oleh Yefi Indraswari, NIM 1721143420, pembimbing Bapak Dr. Fathul Mujib, M.Ag. Kata Kunci : Problem Based Learning, Hasil Belajar Pada lapangan penelitian dijumpai penerapan model pembelajaran konvensional dan guru Pendidikan Agama Islam dalam usia pensiun. Sehingga peserta didik pasif pada saat proses pembelajaran. Penelitian ini memiliki rumusan masalah penelitian, yaitu (1) Bagaimana pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar PAI pada ranah afektif siswa di SMPN 01 Selopuro Blitar? (2) Bagaimana pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar PAI pada ranah kognitif siswa di SMPN 01 Selopuro Blitar? (3) Bagaimana pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar PAI pada ranah psikomotorik siswa di SMPN 01 Selopuro Blitar? Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar PAI pada ranah afektif siswa SMPN 01 Selopuro Blitar (2) mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar PAI pada ranah kognitif siswa SMPN 01 Selopuro Blitar (3) mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar PAI pada ranah psikomotorik siswa SMPN 01 Selopuro Blitar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi eksperiment dengan tipe nonequivalent control group design. Populasi penelitian yaitu seluruh kelas VII SMPN 01 Selopuro Blitar. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas diambil dengan teknik purposive sampling, yaitu kelas VII E (kelas ekperimen) dan kelas VII F (kelas kontrol). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan penilaian diri, tes, portofolio, dan dokumentasi. Analisis data hasil belajar afektif, kognitif, dan psikomotorik menggunakan independent samples test pada SPSS 23. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) Ada pengaruh yang positif dan signifikan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar PAI pada ranah afektif siswa SMPN 01 Selopuro Blitar. Hal ini ditunjukkan dengan thitung > ttabel yaitu 3,020 > 1,67528 dan sig. 2 tailed = 0,004 < 0,05. Rata-rata kelas eksperimen 3,150 dan rata-rata kelas kontrol 2,886. (2) Ada pengaruh yang positif dan signifikan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar PAI pada ranah kognitif siswa SMPN 01 Selopuro Blitar. Hal ini ditunjukkan dengan hasil posttest thitung > ttabel, yaitu 2,975 > 1,67528 dan sig. 2 tailed < 0,05 yaitu 0,004 < 0,05. Rata-rata kelas eksperimen pretest 68,93 posttest 84,64. Sedangkan kelas kontrol memiliki rata-rata pretest 70,40 dan posttest 76,40. (3) Ada pengaruh yang positif dan signifikan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar PAI pada ranah psikomotorik siswa SMPN 01 Selopuro Blitar. Hal ini ditunjukkan dengan thitung > ttabel, yaitu yaitu 3,168 > 1,67528 dan sig. 2 tailed < 0,05 yaitu 0,03 < 0,05. Rata-rata kelas eksperimen 3,164 dan kelas kontrol 2,852.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S.Pd. 1721143420 Yefi Indraswari
Date Deposited: 30 Jul 2018 07:10
Last Modified: 30 Jul 2018 07:10
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8483

Actions (login required)

View Item View Item