PENERAPAN METODE BERMAIN KARTU HURUF HIJAIYAH UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA AL-QUR’AN DASAR ANAK USIA DINI DI PAUD AL-ANWAR PUCUNG NGANTRU TULUNGAGUNG

RINA LAILATUL MUFIDAH, 1726143047 (2018) PENERAPAN METODE BERMAIN KARTU HURUF HIJAIYAH UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA AL-QUR’AN DASAR ANAK USIA DINI DI PAUD AL-ANWAR PUCUNG NGANTRU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (610kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (380kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (371kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (351kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (605kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (173kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Rina Lailatul Mufidah NIM.1726143047 66Penerapan Metode Bermain Kartu Huruf Hijaiyah Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca AI-Qur'an Dasar Anak Usia Dini Di PAIID ALANWAR Pucung Ngantru Tulungagung" skripsi, Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini @IALJD), Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan" Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Tahun 2018 di bimbing Luluk Atirotu Zataoh,M.Pd. Kata Kunci : Metode BermainKartu Huruf Hijaiyah, Keterampilan MembacaAl-Qur'anDasar. Penelitian ini di latar belakangi pada permasalatran yang terjadi pada anak yaitu pada keterampilan membaca Al-Qur'an dasar yang di karenakan belum adanya metode baruyang bisa menarik perhatian anak.Permasalahan tentang keterampilan membaca Al-Qur'an dasar anak ini adalah suatu masalah yang sangat memerlukan sebuah tindakan.Dan tindakan tersebut juga haruslah dengan sebuah metode yang tepat. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana penerapanketerampilanmembacaAl-Qur'an dasaranak usia dini di PAUD AL-ANWAR Pucung Ngantru Tulungagung dengan menggunakanmedia bermain kartu huruf hijaiyah? (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar membacaAl-Qur'an dasaranakusia dini melalui bermainkartu huruf h[iayah di PAUD AL-ANWAR PucungNgantruTulungagung?. adapunyangmenjadi tujuan tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskantentangketerampilan membacaAl-Qur'an Dasar Anak Usia Dini denganmenggunakanmeterode bermainkartuhuruf hijaiyah. Skripsi ini bermanfaatbagi KepalaPAUD AL-ANWAR PucungNgantru Tulungagung,ymg digunakansebagaipemikiran baru dalam hal peningkatan keterampilanmembacaAl-Qur'an Dasar anakdalamrangkapeningkatanmutu pengajaran,bagi guru PAUD AL-ANWAR sebagaidasaruntuk memperbaiki kegiatan pengajaran tentang menggunakan metode bermain kartu huruf hijaiyah. Bagi pembaca/peneliti sebagai bahan reverensi pada penelitian berikutnya. Pendekatanpenelitian ini adalahPendekatanPenelitianTindakan Kelas (PTK) denganmenggunakantiga siklus. Siklusyangdi maksudadalahsiklusI, il, III. Penelitian menggunakantiga siklus sesuaidenganpembelajarananak karena" pembelajaran pada anak harus di lakukan secara berulang. Penyelesaiantindakan peningkatanKeterampilanmembacsAl-Qur' an dasat, menggunakanMetodeBermainKaril Huruf Hijaiyah. BerdasarkanHasil analisis data pada siklus I, II, Itr di peroleh data bahwa Peningkatanketerampilan membacaAl-Qur'an dasar Anak Melalui Metode Bermain kartu huruf h[iaiyah, sesuai dengan kriteria keberhasilan tindakan pada presentase80 % (16 orang anak) yang mendapatkannilai bintang 3 dengancapaianperkembanganBSH = BerkembangSangatHarapan. Dari datayang di perolehdapatdi simpulkanbahwa"Keterampilanmembaca Al-Qur'an Anak meningkatsetelahmenggunakanMetodeBermainkartu huruf hijaiyah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > PAUD
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 1726143047 RINA LAILATUL MUFIDAH
Date Deposited: 07 Aug 2018 07:02
Last Modified: 07 Aug 2018 07:02
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8414

Actions (login required)

View Item View Item