PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI MELALUI BERMAIN KONSTRUKTIF PADA ANAK KELOMPOK PAUD AL HUDA DI DESA KARANGREJO KAMPAK TRENGGALEK

NILA ROHMATILAH, 1726143037 (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI MELALUI BERMAIN KONSTRUKTIF PADA ANAK KELOMPOK PAUD AL HUDA DI DESA KARANGREJO KAMPAK TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (227kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (17kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (42kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (14kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan Judul “Peningkatan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Melalui Bermain Konstruktif Pada Anak Kelompok Paud Al-Huda di Desa Karangrejo Kampak Trenggalek” ini ditulis oleh Nila Rohmatilah dibimbing oleh Bapak Susanto, M.Or. Kata Kunci : Kognitif – Mengenal – Bentuk Geometri Penelitian ini dikontekskan oleh peningkatan kemampuan mengenal bentuk geometri. Dalam hal ini peneliti menggunakan metode kegiatan pembelajaran mengenal bentuk geometri melalui bermain konstruktif. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah (1) mengetahui strategi guru dalam pengenalan bentuk Geometri melalui bermain konstruktif pada kelompok anak usia dini, dan (2) mengetahui apakah bermain konstruktif dapat meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak kelompok PAUD. Pendekatan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yaitu suatu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa ucapan atau tulisan dan perilaku yang dapat diamati dari orang (subyek) itu sendiri. Teknik pengumpulan data : (1) wawancara, (2) observasi, (3) Dokumentasi. Instrument penelitian wawancara digunakan untuk mendapatkan atau memperoleh informasi mendalam mengenai pemahaman serta respon dari pihak PAUD. Observasi digunakan untuk mengumpulkan data melalui suatu pengamatan, dengan disertai pencatatan-pencatatan terhadap keadaan atau perilaku obyek sasaran. Dokumentasi digunakan untuk mencari data dengan cara melihat dan mencatat suatu laporan yang sudah ada. Setelah peneliti melakukan penelitian kemudian dilanjutkan dengan menganalisis data hasil Anak kelompok A di Desa Karangrejo Kampak Trenggalek berjumlah 34 anak dengan 15 anak laki-laki dan 19 anak perempuan. Dalam penelitian ini diikuti oleh 32 siswa, 2 siswa tidak dapat mengikuti penelitian dikarenakan sedang berhalangan hadir. Hasil kegiatan pembelajaran pertama yang kami harapkan masih jauh dari harapan yaitu 63,66%, maka kami mengulanginya lagi dan teryata hasilnya sangat memuaskan yaitu 83,42%. Dengan ini dapat di simpulkan bahwa agar pembelajaran berhasil dengan baik perlu adanya persiapan yang matang, yaitu persiapan pendidik dalam hal mendampingi anak dan selalu memberi motivasi pada anak selama kegiatan pembelajaran berlangsung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > PAUD
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 1726143037 NILA ROHMATILAH
Date Deposited: 06 Aug 2018 06:26
Last Modified: 06 Aug 2018 06:26
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8357

Actions (login required)

View Item View Item