ANALISIS BERPIKIR KONSEPTUAL DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI ALJABAR DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS VII MTS NEGERI BANDUNG

ANIS LUTFIYASARI, 1724143033 (2018) ANALISIS BERPIKIR KONSEPTUAL DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI ALJABAR DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS VII MTS NEGERI BANDUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (695kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (165kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (96kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (383kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (704kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (168kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (89kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (93kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Lutfiyasari, Anis. 2018. Analisis Berpikir Konseptual Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Pada Materi Alajabar Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Kelas VII MTs Negeri Bandung. Skripsi, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Strata Satu IAIN Tulungagung yang dibimbing oleh Ummu Sholihah, M.Si Kata Kunci : Berpikir Konseptual, Aljabar, Gaya Belajar Pembelajaran matematika bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan dalam memahami konsep matematika. Konsep matematika yang dimaksudkan bukanlah terletak pada satu materi saja, tetapi untuk semua materi yang ada dalam matematika. Salah satu materi dalam matematika adalah aljabar. Aljabar merupakan materi yang identik dengan adanya simbol-simbol berupa huruf yang disebut sebagai variabel. Dengan adanya variabel membuat siswa mengalami kesulitan dalam memahami suatu masalah terutama pada masalah yang berbentuk soal cerita. Selain itu, kemampuan memahami suatu materi matematika juga bergantung dengan cara seorang siswa dalam belajar atau lebih dikenal sebagai gaya belajar. Tujuan penelitianini adalah (1) Mendeskripsikan kemampuan berpikir konseptual siswa dalam menyelesaikan masalah matematika kelas VII MTs Negeri Bandung yang memiliki gaya belajar auditorial, (2) Mendeskripsikan kemampuan berpikir konseptual siswa dalam menyelesaikan masalah matematika kelas VII MTs Negeri Bandung yang memiliki gaya belajar visual, (3) Mendeskripsikan kemampuan berpikir konseptual siswa dalam menyelesaikan masalah matematika kelas VII MTs Negeri Bandung yang memiliki gaya belajar kinestetik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Negeri Bandung. Data yang diperoleh berupa data hasil observasi, hasil kuesioner, hasil tes tulis, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan beberapa tahap yakni reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dapat dilihat dari triangulasi, dan pemeriksaan teman sejawat. Hasil penelitian ini dapat dideskripsikan bahwa (1) siswa dengan gaya belajar auditorial memahami masalah dengan menyebutkan apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan, rencana penyelesaian yang digunakan pada masalah aljabar yakni menggunakan perkalian bentuk aljabar dengan langkah-langkah penyelesaian yang tidak sesuai dengan konsep yang pernah dipelajari, dan tidak ada pemeriksaan kembali mengenai penyelesaian sehingga tidak ada perbaikan yang dilakukan, (2) siswa dengan gaya belajar visual memahami masalah dengan menyebutkan apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan, rencana penyelesaian yang digunakan pada masalah aljabar yakni menggunakan perkalian bentuk aljabar dengan langkah-langkah penyelesaian yang tidak sesuai dengan konsep yang pernah dipelajari, dan tidak ada pemeriksaan kembali mengenai penyelesaian sehingga tidak ada perbaikan yang dilakukan,(3) siswa dengan gaya belajar kinestetik memahami masalah dengan menyebutkan apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan tetapi tidak mengubahnya dalam bentuk kalimat matematika, rencana penyelesaian yang digunakan pada masalah aljabar yakni menggunakan perkalian bentuk aljabar dengan langkah-langkah penyelesaian yang sesuai dengan konsep yang pernah dipelajari, pemeriksaan kembali mengenai penyelesaian yang telah dilakukan membuatnya menemukan kesalahan dalam proses penyelesaiannya sehingga siswa mampu memperbaiki jawaban dalam masalah aljabar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 1724143033 ANIS LUTFIYASARI
Date Deposited: 13 Aug 2018 01:40
Last Modified: 13 Aug 2018 01:40
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8315

Actions (login required)

View Item View Item