IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI REJOTANGAN TULUNGAGUNG

IKNATIA INDANI, 1725143125 (2018) IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab VI.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (279kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Iknatia Indani, 1725143125, Implementasi Kurikulum 2013 di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Rejotangan Tulungagung. Jurusan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, Pembimbing: Muhamad Zaini, MA Kata Kunci: Implementasi, Kurikulum 2013 Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) yang begitu pesat. Untuk menghadapi perkembangan IPTEK negara ini terus melakukan peningkatan mutu pendidikan. Salah satunya dengan menyusun kurikulum terbaru, yaitu Kurikulum 2013. Penerapan Kurikulum 2013 membutuhkan perencanaan, proses pelaksanaan dan penilaian. Ketiga hal pokok tersebut sepenuhnya dilakukan oleh guru dengan difasilitasi dan disupervisi oleh pihak madrasah. Penelitian ini berfokus pada pembelajaran, mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan penilaian dalam pembelajaran Kurikulum 2013 di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Rejotangan Tulungagung. Pertanyaan penelitian dalam penelitian ini (1) Bagaimana perencanaan pembelajaran Kurikulum 2013? (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran Kurikulum 2013? (3) Bagaimana penilaian pembelajaran Kurikulum 2013 di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Rejotangan Tulungagung?. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan perencanaan pembelajaran Kurikulum 2013 (2) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran Kurikulum 2013 (3) mendeskripsikan penilaian pembelajaran Kurikulum 2013 di MIN Rejotangan Tulungagung Metode penelitian yang digunakan (1) Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, (2) Kehadiran peneliti di lapangan sebagai intrumen kunci dalam mengumpulkan data, (3) Tempat penelitian adalah MIN RejotanganTulungagung, (4) Sumber data penelitian dibagi menjadi tiga; people (orang), place (tempat), paper (kertas/dokumen). Ketiga sumber data tersebut digunakan untuk saling melengkapi informasi dan data, (5) Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi, (6) Teknis analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, (7) Pengecekan keabsahan data pada penelitan ini meliputi: credibility, transferability, dependability, dan confirmability. Hasil penelitian ini adalah (1) Perencanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 di MIN Rejotangan Tulungagung meliputi penyusunan RPP, penentuan strategi dan metode pembelajaran serta pemilihan sumber belajar, (2) Pelaksanaan pembelajaran sudah sesuai prosedur pelaksanaan pembelajaran kurikulum 2013 secara umum, yaitu meliputi kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan penutup dengan menggunakan pendekatan saintifik di dalamnya, (3) Penilaian Pembelajaran meliputi tiga aspek penilaian yaitu aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Penilaian dilakukan dengan beragam teknik disesuaikan kompetensi dasar yang akan dinilai.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1725143125 IKNATIA INDANI
Date Deposited: 09 Jul 2018 04:32
Last Modified: 09 Jul 2018 04:32
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8243

Actions (login required)

View Item View Item