PERBEDAAN HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA ANTARA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PEER TUTORING DENGAN TPS (THINK PAIR SHARE) PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL KELAS VII MTs DARUSSALAM KADEMANGAN BLITAR TAHUN AJARAN 2017/2018

RISA’ATUS SOFIKA, 1724143205 (2018) PERBEDAAN HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA ANTARA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PEER TUTORING DENGAN TPS (THINK PAIR SHARE) PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL KELAS VII MTs DARUSSALAM KADEMANGAN BLITAR TAHUN AJARAN 2017/2018. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (581kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (435kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (315kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (378kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (216kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Perbedaan Hasil Belajar Dan Motivasi Belajar Siswa Antara Yang Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Peer Tutoring Dengan TPS (Think Pair Share) Pada Materi Aritmatika Sosial Kelas VII MTs Darussalam Kademangan Blitar Tahun Ajaran 2017/2018” ini ditulis oleh Risa’atus Sofika, NIM. 1724143205, pembimbing Dr. Eni Setyowati, M.M. Kata kunci: hasil belajar, motivasi, Peer Tutoring, dan TPS (Think Pair Share) Pembelajaran matematika dengan pembelajaran konvensional, menyebabkan permasalahan yang terjadi di dalam kelas, yaitu banyaknya siswa yang kurang aktif saat pembelajaran, kurang yakin saat mengerjakan tugas secara individu dan belajar secara individu, serta kurangnya motivasi dalam diri siswa yang mengakibatkan malasnya belajar dan tidak ada tujuan yang ingin dicapai dalam pembelajaran. Hal ini mengakibatkan nilai yang dicapai siswa kelas VII MTs Darussalam Kademangan Blitar kurang memuaskan terutama untuk pelajaran matematika. Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) untuk mengetahui hasil belajar siswa dan motivasi belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Peer Tutoring, (2) untuk mengetahui hasil belajar siswa dan motivasi belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran TPS (Think Pair Share), (3) untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar antara model pembelajaran Peer Tutoring dengan TPS (Think Pair Share), (4) untuk mengetahui apakah ada perbedaan motivasi belajar antara dan model pembelajaran Peer Tutoring dengan TPS (Think Pair Share), dan (5) untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar dan motivasi belajar siswa pada materi Aritmatika Sosial yang menggunakan model pembelajaran Peer Tutoring dan TPS (Think Pair Share) VII MTs Darussalam Kademangan Blitar. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan jenis penelitiannya adalah Quasi Experimen, sedangkan metode yang digunakan untuk penelitian yaitu : (1) metode tes, untuk memperoleh data hasil belajar siswa pada materi Aritmatika Sosial, (2) angket motivasi, untuk mendapatkan data mengenai motivasi belajar siswa, (3) dokumentasi, untuk memperoleh data tentang kegiatan siswa saat proses pembelajaran berlangsung, nama-nama siswa sebagai subjek penelitian, dan profil MTs Darussalam Kademangan Blitar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) nilai rata-rata hasil belajar pada materi Aritmatika Sosial pada model pembelajaran Peer Tutoring adalah 71,50, sedangkan untuk motivasi belajarnya memiliki nilai rata-rata sebesar 104,27, (2) nilai rata-rata hasil belajar pada materi Aritmatika Sosial pada model pembelajaran TPS adalah 78,33, sedangkan untuk motivasi belajarnya memiliki nilai rata-rata sebesar 96,95, (3) berdasarkan hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Peer Tutoring dan TPS, hal ini dapat dilihat dari nilai signifikan yaitu sebesar 0,047, (4) berdasarkan hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa ada perbedaan motivasi belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Peer Tutoring dengan TPS, hal ini dapat dilihat dari nilai signifikan yaitu sebesar 0,024, dan (5) berdasarkan hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa dan motivasi belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Peer Tutoring dengan TPS, hal ini dapat dilihat dari nilai signifikan 0,017.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 1724143205 RISA’ATUS SOFIKA
Date Deposited: 06 Aug 2018 06:38
Last Modified: 06 Aug 2018 06:38
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8235

Actions (login required)

View Item View Item