KEMAMPUAN PENALARAN DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS XI MAN 2 TULUNGAGUNG PADA MATERI PROGRAM LINEAR TAHUN AJARAN 2017/2018

DEFI PUSPITA SARI, 1724143064 (2018) KEMAMPUAN PENALARAN DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS XI MAN 2 TULUNGAGUNG PADA MATERI PROGRAM LINEAR TAHUN AJARAN 2017/2018. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (436kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (465kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (360kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (91kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (17kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kemampuan Penalaran dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Siswa Kelas XI MIA 1 MAN 2 Tulungagung Pada Materi Program Linear Tahun Ajaran 2017/2018” ini ditulis oleh Defi Puspita Sari, NIM.1724143064, pembimbing Dr. Dewi Asmarani, M.Pd. Kata Kunci: Kemampuan Penalaran Matematika, Pemecahan Masalah Pentingya kemampuan penalaran dalam menyelesaikan masalah terutama matematika. Dalam hal matematika sendiri, siswa dihadapkan untuk menggunakan penalarannya dalam proses menyelesaikan masalah soal. Kemampuan penalaran siswa dapat diperoleh melalui proses berfikir dalam penyusunan fakta-fakta serta hubungan fakta-fakta yang ada dalam soal matematika sehingga nantinya dapat ditarik sebuah kesimpulan secara logis (akal). Penarikan kesimpulan secara logis inilah yang dimaksud dengan kemampuan penalaran. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah bagaimana kemampuan penalaran siswa dengan kemampuan matematika dalam menyelesaikan masalah matematika materi program linear. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran siswa dengan kemampuan matematika dalam menyelesaikan masalah matematika materi program linear Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah deskriptif. Dimana dalam penelitian ini ingin berusaha mendeskripsikan kemampuan penalaran siswa dengan kemampuan matematika dalam menyelesaikan masalah matematika materi program linear. Pengambilan subyek penelitian menggunakan teknik purposive sampling sehingga subyek yang digunakan dalam penelitian ini adalah 2 siswa berkemampuan matematika tinggi, 2 siswa berkemampuan sedang dan 2 siswa berkemampuan rendah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Observasi dilakukan untuk mengamati siswa dalam menyelesaikan masalah materi program linear. Tes terdiri dari 3 soal uraian yang digunakan untuk mengukur kemampuan penalaran. Sedangkan wawancara terdiri dari 6 pertanyaan yang digunakan peneliti untuk mengetahui lebih dalam mengenai kemampuan penalaran siswa. Analisi data penelitian terdiri dari 3 tahap yaitu mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dalam pengecekan keabsahan temuan penelitian dilakukan dengan menggunakan ketekunan pengamatan, triangulasi dan pengecekan teman sejawat. Hasil dalam penelitian ini yaitu (1) kemampuan penalaran siswa dengan kemampuan matematika tinggi termasuk dalam kriteria sangat baik; (2) kemampuan penalaran siswa dengan kemampuan matematika sedang termasuk dalam kriteria baik; (3) kemampuan penalaran siswa dengan kemampuan matematika rendah termasuk dalam kriteria cukup.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 1724143064 DEFI PUSPITA SARI
Date Deposited: 09 Jul 2018 03:13
Last Modified: 09 Jul 2018 03:13
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7923

Actions (login required)

View Item View Item