PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII MATERI SEGITIGA DI MTs ASSYAFI’IYAH GONDANG TAHUN AJARAN 2016/2017

MUHAMMAD HADI KHANANI, 2814133123 (2018) PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII MATERI SEGITIGA DI MTs ASSYAFI’IYAH GONDANG TAHUN AJARAN 2016/2017. [ Skripsi ]

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (575kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (157kB)
[img] Text
bab I.pdf

Download (341kB)
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (486kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (501kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (660kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (250kB) | Preview
[img] Text
BAB VI .pdf

Download (228kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Rujukan.pdf

Download (167kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Pendekatan Saintifik dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Siswa kelas VII Materi segitiga di MTs assyafiiyah gondang tahun ajaran 2016/2017” ditulis oleh Muhammad Hadi Khanani dibimbing oleh Sutopo, M.Pd. Kata Kunci: Pendekatan Saintifik, Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Hasil Belajar, Fenomena hasil belajar siswa yang rendah karena guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional di mana guru lebih aktif menjelaskan dan siswa hanya mendengarkan. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan membuat siswa lebih aktif dapat menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah. Pembelajaran Berbasis Masalah adalah suatu cara mengajar yang melibatkan siswa dalam proses kegiatan mental melalui tukar pendapat, dengan diskusi, seminar, membaca sendiri dan mencoba sendiri agar anak dapat belajar sendiri. Penggunaan teknik pembelajaran berbasis masalah ini guru berusaha meningkatkan aktivitas siswa dalam proses belajar mengajar. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan saintifik dengan model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa di kelas VII materi segitiga di MTs Assyafi’iyah Gondang tahun ajaran 2016/2017 2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan pendekatan saintifik dengan model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa di VII materi segitiga di MTs Assyafi’iyah Gondang tahun ajaran 2016/2017 Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis eksperimen semu, populasinya adalah siswa kelas VII MTs assyafiiyah gondang berjumlah 160 siswa, teknik samplingnya adalah simple random sampling, sampelnya siswa kelas VII C dan VIII B, metode pengumpulan data dengan observasi, dokumentasi, dan tes, analisis data menggunakan uji t. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa ada Pengaruh Pendekatan Saintifik dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Siswa kelas VII Materi segitiga di MTs assyafiiyah gondang tahun ajaran 2016/2017. Hal ini berdasarkan pada pengujian hipotesis menggunakan independent samples t-test, diperoleh nilai

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: SKRIPSI 2814133123 MUHAMMAD HADI KHANANI
Date Deposited: 11 May 2018 03:59
Last Modified: 11 May 2018 03:59
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7904

Actions (login required)

View Item View Item