Pengaruh model Pembelajaran Teknik Probing Prompting terhadap Pemahaman Konsep dan Keterampilan Siswa Kelas VIII MTs Negeri Langkapan Srengat Blitar

Fitroh, Khitotul Mabruroh, (2012) Pengaruh model Pembelajaran Teknik Probing Prompting terhadap Pemahaman Konsep dan Keterampilan Siswa Kelas VIII MTs Negeri Langkapan Srengat Blitar. [ Skripsi ]

[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (13kB)
[img] Text
BAB I REVISI.docx

Download (33kB)
[img] Text
BAB II REVISI.docx

Download (49kB)
[img] Text
BAB III REVISI.docx

Download (47kB)
[img] Text
bab IV REVISI.docx

Download (56kB)
[img] Text
BAB V REVISI.docx

Download (17kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.docx

Download (14kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata Kunci: Pembelajaran Teknik Probing Prompting, Pemahaman Konsep, Keterampilan. Persepsi siswa bahwa matematika merupakan mata pelajaran yang dianggap sulit dan menakutkan menjadi penyebab rendahnya pemahaman konsep siswa terhadap materi yang disampaikan. Oleh karena itu diperlukan pembelajaran yang dapat mengubah persepsi siswa tentang matematika dan siswa dapat berperan aktif dalam proses belajar mengajar dalam kelas. Pembelajaran itu adalah Teknik Probing Prompting. Teknik Probing Prompoting adalah pembelajaran dengan cara guru menyajikan serangkaian pertanyaan yang bersifat menuntun dan menggali sehingga terjadi proses berfikir yang mengaitkan pengetahuan setiap siswa dan pengalamannya dengan pengetahuan baru yang sedang dipelajari. Dalam penelitian ini terdapat dua rumusan masalah, yaitu: 1) Adakah pengaruh model pembelajaran teknik probing prompting terhadap pemahaman konsep siswa kelas VIII MTs Negeri Langkapan Srengat Blitar? 2) Adakah pengaruh model pembelajaran teknik probing prompting terhadap keterampilan siswa kelas VIII MTs Negeri Langkapan Srengat Blitar? Dengan tujuan untuk mengetahui: a. Adanya pengaruh model pembelajaran teknik probing prompting terhadap pemahaman konsep siswa kelas VIII MTs Negeri Langkapan Srengat Blitar, dan b. Adanya pengaruh model pembelajaran teknik probing prompting terhadap keterampilan siswa kelas VIII MTs Negeri Langkapan Srengat Blitar. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen, dimana terdapat variabel bebasnya adalah teknik probing prompting dan variabel terikatnya pemahaman konsep dan keterampilan siswa. Dalam penelitian ini mengambil populasi seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 154 siswa namun hanya 61 siswa yang digunakan sebagai sampelnya yang terdiri dari dua kelas. Tehnik analisis yang digunakan untuk menghitung yaitu menggunakan tehnik uji t-test. Data-datanya diambil melalui tes, observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil dari penelitian didapatkan: 1) Terdapat pengarunya teknik probing prompting terhadap pemahaman konsep siswa kelas VIII MTs Negeri Langkapan Srengat Blitar dengan nilai t_hitung=3,603510>t_tabel (5%=1,671) dengan pengaruh sebesar 34,8401%. 2) Terdapat pengaruh teknik probing prompting terhadap keterampilan siswa kelas VIII MTs Negeri Langakapan Srengat Blitar dengan nilai t_hitung=4,663939>t_tabel (5%=1,671) dengan pengaruh sebesar 11,7079%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 26 Jan 2015 03:59
Last Modified: 26 Jan 2015 03:59
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/789

Actions (login required)

View Item View Item