PENGEMBANGAN BUDAYA DISIPLIN SISWA DI MIN 3 TULUNGAGUNG

ASTIANA DEVI PUSPITASARI, 1725143036 (2018) PENGEMBANGAN BUDAYA DISIPLIN SISWA DI MIN 3 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER..pdf

Download (778kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (210kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (453kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (289kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (911kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (123kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (197kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (211kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pegembangan Budaya Disiplin Siswa Di MIN 3 Tulungagung” ditulis oleh Astiana Devi Puspitasari, NIM 1725143036, pembimbing Dr. Fathul Mujib, M.Ag. Kata kunci: Pengembangan, Budaya, Disiplin Disiplin adalah sikap patuh terhadap peraturan yang berlaku. Disiplin sangat penting dan dibutuhkan oleh setiap siswa, karena dapat membentuk sikap dan perilaku yang akan mengantar siswa menuju kesuksesan. Sikap disiplin tidak dapat dibangun secara instan. Di sekolah mengembangkan budaya disiplin dengan menggunakan pedoman yang dikenal dengan istilah tata tertib sekolah. Tata tertib sekolah merupakan salah satu alat yang dapat digunakan kepala sekolah dan guru untuk melatih siswa dalam mempraktikkan disiplin di sekolah. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi adalah: (1) Bagaimana nilai budaya disiplin siswa yang dikembangkan di MIN 3 Tulungagung? (2) Bagaimana pelaksanaan pengembangan budaya disiplin siswa di MIN 3 Tulungagung? (3) Bagaimana hasil pengembangan dari budaya disiplin siswa di MIN 3 Tulungagung? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Tehnik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Paparan dan analisis data dilakukan dengan tehnik reduksi,penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara ketekunan pengamatan, triangulasi, pemeriksaan sejawat, dan review informal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: berdasarkan paparan data dan diskusi hasil penelitian maka dapat ditarik kesimpulan bahwa (1) konsep disiplin yaitu membiasakan hidup tertib di madrasah sesuai dengan tata tertib yang berlaku di madrasah dan dasarnya yaitu berpedoman pada ajaran islam, bentuk budaya disiplin siswa meliputi: siswa datang tepat waktu tidak terlambat, tidak membolos, berpakaian dengan rapi, dan mentaati peraturan yang ada di madrasah. (2) dilakukan melalui penyesuaian kebijakan yang telah di tetapkan oleh madrsah, program-program yang dilaksanakan seperti ajakan dan himbauan kepada siswa dalam mengembangkan budaya disiplin, dan kegiatan siswa di madrasah yaitu kegiatan berjabat tangan dan 3S (senyum, salam dan sapa), piket kelas, membaca surat yasin tahlil atau surat pendek sebelum pembelajaran dimulai, dan tertib melaksanakan ibadah sholat Dhuha dan Dhuhur berjamaah. (3) perubahan sikap siswa yaitu kesopanan dan ketertiban siswa dalam menaati peraturan, dan kegiatan pembiasaan yang dilaksanakan dengan tertib.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 1725143036 ASTIANA DEVI PUSPITASARI
Date Deposited: 28 Jun 2018 03:30
Last Modified: 28 Jun 2018 03:30
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7605

Actions (login required)

View Item View Item