Penerapan Strategi PAIKEM Berbasis Lingkungan dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Diagram Venn Kelas VII MTs Muhammadiyah Watulimo

AFIF QORIBI TIYONO, AFIF (2014) Penerapan Strategi PAIKEM Berbasis Lingkungan dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Diagram Venn Kelas VII MTs Muhammadiyah Watulimo. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
SKRIPSI AFIF QORIBI TIYONO (3214103048).pdf

Download (788kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Penerapan Strategi PAIKEM Berbasis Lingkungan dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Diagram Venn Kelas VII MTs Muhammadiyah Watulimo” ini ditulis oleh Afif Qoribi Tiyono dibimbing oleh Miswanto, M.Pd. Kata Kunci : Strategi PAIKEM Berbasis Lingkungan, Diagram Venn Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh adanya siswa yang masih kurang memahami konsep Himpunan khususnya terkait Diagram Venn. Oleh karena itu untuk meningkatkan pemahaman siswa peneliti menerapkan sebuah strategi modern yaitu strategi PAIKEM Berbasis Lingkungan. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII MTs Muhammadiyah Watulimo. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana langkah-langkah penerapan Strategi PAIKEM Berbasis Lingkungan pada Materi Diagram Venn Kelas VII MTs Muhammadiyah Watulimo? (2) Bagaimana hasil belajar matematika siswa pada materi diagram Venn melalui Strategi PAIKEM Berbasis Lingkungan di Kelas VII MTs Muhammadiyah Watulimo? Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Untuk mendiskripsikan penerapan Strategi PAIKEM Berbasis Lingkungan pada Materi Diagram Venn Kelas VII MTs Muhammadiyah Watulimo. (2) Untuk mendiskripsikan hasil belajar matematika siswa pada materi diagram Venn melalui Strategi PAIKEM Berbasis Lingkungan di Kelas VII MTs Muhammadiyah Watulimo. Dalam penelitian ini pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, wawancara, observasi dan catatan lapangan. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang materi diagram Venn disusun dua siklus rencana pembelajaran yaitu tahap penanaman konsep dan tahap penguatan konsep. Analisis data dilakukan dengan cara (1) mereduksi data, (2) menyajikan data, dan (3) menyimpulkan data. Hasil penelitian, (1) Pada tahap penanaman konsep siswa diajak ke luar kelas untuk mengamati keadaan lingkungan serta mangerjakan tugas secara kelompok, dan pada tahap penguatan konsep siswa menyelesaikan tugas kelompok melalui pendekatan berbasis lingkungan (2) Setelah diadakan penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui strategi PAIKEM berbasis Lingkungan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi diagram Venn, dengan 77,72% siswa mampu mencapai batas ketuntasan belajar nilai 75 dan nilai rata-ratanya 82,50 pada tes akhir tindakan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Unnamed user with email komstar13@yahoo.com
Date Deposited: 20 Jan 2015 06:20
Last Modified: 20 Jan 2015 06:24
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/747

Actions (login required)

View Item View Item