PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 1 KAUMAN TULUNGAGUNG

QORIK MAHARSIWI, 2814133151 (2018) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 1 KAUMAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (639kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (207kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (424kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (991kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (983kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (188kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul ” Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa kelas VIII SMPN 1 Kauman Tulungagung” ini ditulis oleh Qorik Maharsiwi, NIM. 2814133151, dibimbing oleh Dr. Muniri, M.Pd. Kata kunci: Kecerdasan Emosional, Motivasi, Hasil Belajar. Kecerdasan emosional merupakan kecakapan utama, kemampuan yang dapat mempengaruhi kemampuan lain. Kemampuan tersebut salah satunya berupa kemampuan untuk memotivasi diri sendiri. Sedangkan motivasi itu sendiri dapat memberikan dorongan positif untuk meningkatkan hasil belajar. Sehingga kecerdasan emosinal dan motivasi saling berkaitan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui adanya pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 1 Kauman Tulungagung 2) Untuk mengetahui adanya pengaruh motivasi terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 1 Kauman Tulungagung 3) Untuk mengetahui adanya pengaruh kecerdasan emosional dan motivasi terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 1 Kauman Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian survei. Populasi dalam penelitian adalah 392 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling yaitu pengambilan sampel secara acak karena masing-masing kelas dianggap homogen. Untuk teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, koesioner, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan analisis data dapat disimpulkan bahwa: 1) Ada pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII di SMPN 1 Kauman Tulungagung. Hal ini dapat dilihat pada nilai F_hitung=54,539>F_tabel=4,11 yaitu pada taraf signifikan 0.05 dan nilai Sig. 0.000<0.05 . 2) Ada pengaruh motivasi terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII di SMPN 1 Kauman Tulungagung. Hal ini dapat dilihat pada F_hitung=86,242>F_tabel=4.11 yaitu pada taraf signifikan 0.05 dan nilai Sig. 0.000<0.05 . 3) Ada pengaruh kecerdasan emosional dan motivasi terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII di SMPN 1 Kauman Tulungagung. Hal ini dapat dilihat pada F_hitung=61,848>F_tabel=3.26 yaitu pada taraf signifikan 0.05 dan nilai Sig. 0.000<0.05 .

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814133151 QORIK MAHARSIWI
Date Deposited: 16 Jan 2018 03:52
Last Modified: 16 Jan 2018 03:52
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7166

Actions (login required)

View Item View Item