Perbedaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dan Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTs Al Huda Bandung Tulungagung Tahun Ajaran 2013/2014

Sunafikoh, Vicky (2014) Perbedaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dan Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTs Al Huda Bandung Tulungagung Tahun Ajaran 2013/2014. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
BAGIAN INTI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER REVISI SIDANG.pdf

Download (350kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN REVISI SIDANG.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran 1 REVISI SIDANG.pdf

Download (664kB) | Preview
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Perbedaan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dan Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Anggapan bahwa pelajaran matematika merupakan mata pelajaran yang sulit dan tidak menarik bagi siswa akan berpengaruh buruk terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan hal tersebut, dalam pelaksanaan proses pembelajaran diperlukan langkah-langkah yang sistematis yaitu salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran yang tepat. Model pembelajaran yang tepat dapat meningkatkan minat dan semangat siswa dalam belajar matematika. Apabila minat dan semangat siswa dalam belajar matematika meningkat tentunya hasil belajar mereka akan meningkat. Salah satu model pembelajaran yang dapat mengatasi hal tersebut adalah model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dan Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana hasil belajar matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teaching Achievement Divisions (STAD), dan model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) pada siswa kelas VIII MTs Al Huda Bandung Tulungagung? (2) Apakah ada perbedaan model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teaching Achievement Divisions (STAD) dan Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas VIII MTs Al Huda Bandung Tulungagung? Tujuan Penelitian : (1) Untuk mengetahui hasil belajar matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatf tipe STAD, dan model pembelajaran RME pada siswa kelas VIII MTs Al Huda Bandung Tulungagung. (2) Untuk mengetahui perbedaan model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teaching Achievement Divisions (STAD) dan Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas VIII MTs Al Huda Bandung Tulungagung. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperiment atau eksperimen semu dan komparatif. Populasi xv penelitian adalah siswa kelas VIII MTs Al Huda Bandung Tulungagung yang terdiri dari 7 kelas. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII B, dan VIII C. Adapun kelas VIII B dan VIII C sebagai kelas eksperimen. Metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan (1) metode tes, dan (2) dokumentasi. Metode test yang digunakan adalah post test, untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa pada materi kubus dan balok setelah diberi perlakuan. Metode dokumentasi digunakan untuk mengetahui keadaan dan kondisi sekolah. Berdasarkan penelitian hasil belajar dengan model pembelajaran diperoleh (1) hasil belajar matematika pada kelas VIII B dengan RME sangat baik, pada kelas VIII C model pembelajaran kooperatif tipe STAD kurang baik. Berdasarkan hasil uji normalitas dan homogenitas data hasil post test dari kedua kelas tersebut diperoleh bahwa data kedua sampel berdistribusi normal dan homogen. Sehingga untuk pengujian hipotesis digunakan uji t. Menurut hasil penelitian dan pembahasan perhitungan uji t diperoleh (2) Nilai Signifikansi thitung (5% = 2,903) > ttabel (=2,000) dan pada taraf Sign 0,005 < 0,05,sehingga dapat disimpulkan ada perbedaan yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dan Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas VIII MTs Al Huda Bandung Tulungagung

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 08 Jan 2015 04:31
Last Modified: 08 Jan 2015 04:31
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/716

Actions (login required)

View Item View Item