SCAFFOLDING PADA PENYELESAIAN SOAL MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 SUMBERGEMPOL TAHUN 2016/2017

SISKA INDAH PUSPITA SARI, 2814133178 (2018) SCAFFOLDING PADA PENYELESAIAN SOAL MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 SUMBERGEMPOL TAHUN 2016/2017. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (413kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (429kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (15kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (298kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (135kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Scaffolding pada Penyelesaian Soal Matematika Materi Bangun Ruang Sisi Datar Di Kelas VIII SMP Negeri 2 Sumbergempol Tahun 2016/2017” ini ditulis oleh Siska Indah Puspita Sari, NIM. 2814133178 Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Ibu Ummu Sholihah, M. Si. Kata Kunci : Scaffolding, Penyelesaian Soal Matematika. Fenomena pembelajaran saat ini, siswa kurang berani mengajukan pertanyaan. Penerapan metode matematika yang sering kali dilakukan oleh guru masih belum mampu memunculkan minat siswa, sehingga anggapan siswa mengenai pelajaran matematika adalah pelajaran yang menakutkan semakin terasa. Ada banyak metode matematika yang dapat digunakan oleh guru untuk membantu permasalahan yang dialami siswa, salah satunya adalah metode pembelajaran scaffolding. Scaffolding merupakan suatu metode pemberian bantuan belajar secara terstuktur yang dilakukan pada tahap awal untuk mendorong siswa agar dapat belajar secara mandiri. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan kesulitan yang dialami siswa kelas VIII di SMPN 2 Sumbergempol dalam menyelesaikan soal matematika materi bangun ruang sisi datar, 2) Untuk mendeskripsikan bentuk scaffolding yang diberikan kepada siswa kelas VIII di SMPN 2 Sumbergempol dalam menyelesaikan soal matematika materi bangun ruang sisi datar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan Setelah dilakukan tes oleh peneliti, diketahui bahwa: 1) Kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal matematika materi bangun ruang sisi datar adalah kurang teliti dan kurang berlatih dalam mengerjakan soal tentang bangun ruang sisi datar khususnya kubus dan balok, 2) Pemberian scaffolding pada keenam subjek penelitian disesuaikan dengan kesulitan yang dihadapi siswa. Scaffolding yang diberikan untuk membantu kesulitan yang dihadapi siswa yaitu dalam bentuk explaining (memfokuskan perhatian siswa pada kalimat yang memberikan informasi pada soal), reviewing (meminta siswa mengungkap informasi pada soal), restructuring (melakukan tanya jawab untuk mengarahkan siswa pada jawaban yang benar) dan developing conceptual thinking (mengarahkan siswa untuk menghubungkan yang diketahui pada soal dengan jawaban yang diperoleh). Scaffolding dapat memberikan solusi pada siswa kelas VIII di SMPN 2 Sumbergempol dalam menyelesaikan soal matematika materi bangun ruang sisi datar dengan baik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814133178 SISKA INDAH PUSPITA SARI
Date Deposited: 23 Jan 2018 02:51
Last Modified: 23 Jan 2018 02:51
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7091

Actions (login required)

View Item View Item