PERILAKU KONSUMEN DALAM JUAL BELI HANDPHONE SECOND PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus di Hisyam Cellular dan Niha NMC Cell Wonodadi Blitar)

NISRINA QURROTUL ‘AINI, 2824133096 (2017) PERILAKU KONSUMEN DALAM JUAL BELI HANDPHONE SECOND PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus di Hisyam Cellular dan Niha NMC Cell Wonodadi Blitar). [ Skripsi ]

[img] Text
Cover.pdf

Download (585kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (108kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (90kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (180kB)
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (173kB) | Preview
[img] Text
Bab 6.pdf

Download (94kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (97kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Perilaku Konsumen Dalam Jual Beli Handphone Second Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus di Hisyam Cellular dan Niha NMC Cell Wonodadi Blitar)” ini ditulis oleh Nisrina Qurrotul ‘Aini, NIM. 2824133096, pembimbing Dr. Nur Aini Latifah, SE., MM. Perkembangan bisnis yang begitu cepat membuat persaingan di dunia bisnis begitu pesat. Saat ini semua barang bisa dimanfaatkan dan bisa dijual kembali baik barang tersebut masih baru ataupun sudah bekas, di Hisyam Cellular dan Niha NMC Cell Wonodadi Blitar terjadi aktivitas jual beli dalam bentuk tukar dan tambah handphone. Dalam memahami perilaku konsumen perlu dipahami siapa konsumen, sebab dalam suatu lingkungan yang berbeda akan memiliki penelitian, kebutuhan, pendapatan, sikap dan selera yang berbeda. Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam keputusan pembelian akan dipengaruhi oleh faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi, dan faktor psikologis. Penelitian ini mengangkat Perilaku Konsumen Dalam Jual Beli Handphone Second Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus di Hisyam Cellular dan Niha NMC Cell Wonodadi Blitar) dengan tujuan yaitu: (1) Untuk mendeskripsikan perilaku konsumen dalam pembelian handphone second di Hisyam Cellular dan Niha NMC Cell Wonodadi Blitar; (2) Untuk menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam pembelian handphone second di Hisyam Cellular dan Niha NMC Cell Wonodadi Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh oleh responden secara langsung di lapangan, dengan cara observasi dan wawancara kepada pedagang handphone second di Hisyam Cellular dan Niha NMC Cell Wonodadi Blitar serta beberapa konsumen handphone second dan data sekunder yang diperoleh dengan jalan melakukan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku konsumen yang terjadi di Hisyam Cellular dan Niha NMC Cell jika dianalisa dari prinsip kelangkaan dan terbatasnya pendapatan, konsumen mampu membandingkan biaya dengan manfaat, dan setiap barang dapat disubstitusi dengan barang lain, serta faktor-faktor yang mempengaruhi seperti faktor kebudayaan (pada umumnya yang terjadi di masyarakat/konsumen), faktor sosial (promosi), faktor pribadi (umur), dan faktor psikologis (motivasi) sudah sesuai dengan teori perilaku konsumsi Islam. Tetapi terkait salah satu prinsip perilaku konsumen yaitu konsumen tunduk kepada hukum berkurangnya tambahan kepuasan sedikit bertentangan dengan teori perilaku konsumsi Islam. Kata Kunci: Perilaku Konsumen, Jual Beli, Handphone Second, dan Ekonomi Islam.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Bisnis Islam
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 2824133096 NISRINA QURROTUL ‘AINI
Date Deposited: 07 Dec 2017 01:40
Last Modified: 07 Dec 2017 01:40
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6786

Actions (login required)

View Item View Item