PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECERDASAN SPIRITUAL DENGAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK SISWA KELAS VII DI MTs NEGERI BANDUNG TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2016/2017

NURHIDAYAH, 2811133208 (2017) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECERDASAN SPIRITUAL DENGAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK SISWA KELAS VII DI MTs NEGERI BANDUNG TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2016/2017. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (654kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (235kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (433kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (211kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (145kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (179kB)

Abstract

ABSTRAK Nurhidayah, NIM. 2811133208, 2017. “Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual dengan Hasil Belajar Akidah Akhlak Siswa kelas VII di MTs Negeri Bandung Tulungagung Tahun Ajaran 2016/2017”, Program S1, Program Studi PAI, IAIN Tulungagung, Pembimbing : Dr. Lukluk Nur Mufidah, M.Pd.I Kata kunci : Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Hasil Belajar Akidah Akhlak Latar belakang penelitian ini didasarkan oleh fenomena bahwa dunia sekolah sekarang ini sangat berbeda dengan masa dulu. Sekarang siswa banyak yang berani membolos sekolah, melanggar peraturan sekolah dan membuat kegaduhan di dalam kelas. Mereka beralasan karena merasa tidak mampu dengan mata pelajaran yang diberikan dan menganggap belajar itu membosankan. Salah satu pelajarannya yaitu akidah akhlak. Selain itu, banyak siswa yang mempunyai sikap acuh terhadap sekolah lebih bersikap mudah menyerah dan berpikir masa bodoh dengan dirinya sendiri. Semua sikap yang ditimbulkan oleh siswa berpusat pada emosi yang ada pada diri mereka. Oleh karena itu, sekolah dan para guru diharapkan mampu membantu mengarahkan para siswa untuk lebih bisa mengontrol emosinya agar dapat meraih hasil belajar yang lebih baik khususnya akidah akhlak. Sehingga, siswa bisa lebih bersemangat dalam meraih impiannya dan mendapatkan hasil yang baik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Apakah terdapat pengaruh antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar Akidah Akhlak siswa kelas VII di MTs Negeri Bandung Tulungagung tahun ajaran 2016/2017. (2) Apakah terdapat pengaruh antara kecerdasan Spiritual dengan hasil belajar Akidah Akhlak siswa kelas VII di MTs Negeri Bandung Tulungagung tahun ajaran 2016/2017. (3) Adakah pengaruh antara kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual dengan hasil belajar Akidah Akhlak siswa kelas VII di MTs Negeri Bandung Tulungagung tahun ajaran 2016/2017. Tujuan penelitian ini adalah : (1) Mengetahui ada atau tidak pengaruh antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar Akidah Akhlak siswa kelas VII di MTs Negeri Bandung Tulungagung tahun ajaran 2016/2017. (2) Mengetahui ada atau tidak pengaruh antara kecerdasan spiritual dengan hasil belajar Akidah Akhlak siswa kelas VII di MTs Negeri Bandung Tulungagung tahun ajaran 2016/2017. (3) Mengetahui ada atau tidak pengaruh antara kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual dengan hasil belajar Akidah Akhlak siswa kelas VII di MTs Negeri Bandung Tulungagung tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini termasuk penelitian ex-post facto. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Negeri Bandung Tulungagung Tahun Ajaran 2016/2017 dengan menggunakan Proportional Random Sampling. Metode pengambilan data menggunakan kuesioner model skala Likert untuk mengetahui kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual, sedangkan variabel hasil belajar Akidah Akhlak menggunakan dokumentasi sekolah berupa nilai raport. Teknik analisis data yang dipakai untuk menguji hipotesis adalah dengan teknik analisis korelasi pearson product moment, regresi sederhana, regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar akidah akhlak siswa kelas VII di MTs negeri Bandung Tulungagung Tahun Ajaran 2016/2017 yang dibuktikan dengan rhasil = 0,253 dengan menunjukkan kekuatan hubungan rendah. (2) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kecerdasan spiritual dengan hasil belajar akidah akhlak siswa kelas VII di MTs Negeri Bandung Tulungagung Tahun Ajaran 2016/2017 yang dibuktikan dengan rhasil = 0,278 dengan menunjukkan kekuatan hubungan rendah. (3) Terdapat kecerdasan emsosional dan kecerdasan spiritual (variabel X1/X2) yang paling berpengaruh dengan hasil belajar akidah akhlak yang dibuktikan dengan rhasil = 0,278 dan R Square menunjukkan pengaruh kontribusi sebesar 7,7 %. (5) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual dengan hasil belajar akidah akhlak yang dibuktikan dengan rhasil = 0,397 dengan menunjukkan kekuatan hubungan rendah dan R Square menunjukkan pengaruh kontribusi sebesar 15,8%. Berdasarkan hasil perhitungan, maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis kerja (Ha) diterima. Hal ini berarti bahwa, kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual dapat menentukan hasil belajar akidah akhlak siswa kelas VII di MTs Negeri Bandung Tulungagung Tahun Ajaran 2016/2017.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811133208 NURHIDAYAH
Date Deposited: 07 Nov 2017 03:44
Last Modified: 07 Nov 2017 03:44
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6366

Actions (login required)

View Item View Item