THE EFFECTIVENESS OF USING SCAFFOLDING TECHNIQUE OF THE TENTH GRADE STUDENTS’ WRITING NARRATIVE TEXT ACHIEVEMENT AT SMK ISLAM 2 DURENAN

NI WAYAN SISKA WAT, 2813133083 (2017) THE EFFECTIVENESS OF USING SCAFFOLDING TECHNIQUE OF THE TENTH GRADE STUDENTS’ WRITING NARRATIVE TEXT ACHIEVEMENT AT SMK ISLAM 2 DURENAN. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (976kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACK.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (105kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (73kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (98kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (17kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (18kB)

Abstract

ABSTRAK Wati, Ni Wayan Siska. Student Registered Number. 2813133083. 2017. The Effectiveness of Using Scaffolding Technique of The Tenth Grade Students’ Writing Narrative Text Achievement At Smk Islam 2 Durenan. Thesis. English Education Department. Faculty of Tarbiyah and Teacher Training. State Islamic Institute (IAIN) Tulungagung. Advisor : Nanik Sri Rahayu, M. Pd. Kata Kunci : Menulis, Tehnik Scaffolding, Naratif teks Menulis adalah sebuah keterampilan yang mempunyai kesulitan, khususnya untuk siswa-siswa. Ada banyak sekali tehnik yang dapat digunakan guu untuk mengajar menulis. Salah satunya adalah scaffolding. Scaffolding tehnik adalah tehnik di dalam menulis yang memberikan bantuan kepada siswa. Guru dapat membantu dapat membantu siswanya dengan memberikan sebuah motivasi untuk mereka, klu, sugesti dll. Pemberian bantuan kepada siswa tidak hanya dapat dilakukan oleh guru tetapi juga dengan sesorang yang mungkin dapat membantu mereka dan jugan teman yang mempunyai kemampuan yang tinggi. Di dalam scaffolding tehnik guru memberikan beberapa bantuan kepada siswa, sebenarnya guru dapat membantu pekerjaan siswanya dengan memberikan penjelasan singkat kepada mereka dan juga tindakan tentang materi ketika mereka melakukan tugasnya. Pemlajaran ini untuk menginvestigasi keefektifan dari penggunaan tehnik scaffolding pada prestasi menulis naratif teks dari kelas sepuluh di SMK Islam 2 Durenan. Rumusan masalah dari pembelajaran ini : apakah ada perbedaan yang siknifikan kepada prestasi menulis siswa pada naratif teks sebelum dan sesudah mengajar menggunakan tehnik scaffolding pada kelas sepuluh dari SMK Islam 2 Durenan? Berdasarkan dari rumusan masalah diatas, tujuan dari pembelajaran ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan tehnik scaffolding efektif dalam mengajar menulis naratif teks atau tidak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan penelitian pre eksperimental dengan satu grup dari pre test dan post test. Populasi dari pembelajaran ini adalah semua dari kelas sepuluh di SMK Islam 2 Durenan mulai dari X TSM 1 sampai X TSM 4. Sample dari penelitian ini adalah X TSM 2 yang berjumlah 22 siswa yang diambil menggunakan simple random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre test dan post test. Data dari pre test dan post di analisis dengan menggunakan paired sample T test dengan SPSS 16.00. Hasil dari test ini menunjukkan perbedaan yang siknifikan dari pre test dan post test. Mean dari pre test (61.59) dan mean dari post test (77.95). Skor post test lebih tinggi dari skor pre test. Ini mengonfirmasi bahwa Tvalue dari Tcount (9.721) lebih besar dari pada Ttable (2.079). Ini artinya null hypothesis tidak diterima karena standar dari siknifikan level 0.05. Temuan ini menunjukkan bahwa nilainya kurang dari 0.05 (0.000<0.05). Ini artinya null hypothesis tidak diterima, dan dapat di konklusikan bahwa tehnik scaffolding efektif digunakan sebagai tehnik alternatif dalam pengajaran menulis naratif teks.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Inggris
Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: 2813133083 NI WAYAN SISKA WATI
Date Deposited: 25 Sep 2017 06:26
Last Modified: 25 Sep 2017 06:26
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6113

Actions (login required)

View Item View Item