PENGARUH REGULASI DIRI TERHADAP EFIKASI DIRI DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN PADA MAHASISWA IAIN TULUNGAGUNG

SITI NGAROFATUN NADZIROH, 2833133056 (2017) PENGARUH REGULASI DIRI TERHADAP EFIKASI DIRI DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN PADA MAHASISWA IAIN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (345kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (543kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (385kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (201kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Regulasi Diri terhadap Efikasi Diri Dalam Menghafal Al-Qur’an pada Mahasiswa IAIN Tulungagung”. Skripsi ini ditulis oleh SITI NGAROFATUN NADZIROH (2833133056), jurusan Tasawuf Psikoterapi (TP), Fakultas Ushuluddin Adab dab Dakwah (FUAD), IAIN Tulungagung yang dibimbing oleh Dr. Ngainun Na’im, M.H.I. Kata kunci: Regulasi diri, Efikasi diri dalam menghafal Al-Qur’an Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang ada bahwasanya saat ini sudah banyak santri tahfidzul qur’an yang mengenyam pendidikan formal di jenjang perguruan tinggi. Mereka melaksanakan kewajiban sebagai mahasiswa dengan berbagai tugas akademik dan juga harus melaksanakan kewajiban sebagai santri tahfidzul qur’an, tentusaja hal ini tidaklah mudah untuk dilakukan. Maka dari itu, regulasi diri dan efikasi diri penting dimiliki oleh mahasiswa penghafal Al-Qur’an karena dengan adanya regulasi diri dan efikasi diri diharapkan mahasiswa penghafal Al-Qur’an mampu menjalani kuliah dan menyelesaikan serta menjaga hafalan Al-Quran sesuai target. Dalam hal ini peneliti menghubungkan antara pengaruh regulasi diri terhadap efikasi diri dalam menghafal Al-Qur’an dengan rumusan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana tingkat regulasi diri dalam menghafal Al-Qur’an mahasiswa IAIN Tulungagung?; (2) Bagaimana tingkat efikasi diri dalam menghafal Al-Qur’an mahasiswa IAIN Tulungagung?; (3) Bagaimana pengaruh regulasi diri terhadap efikasi diri dalam menghafal Al-Qur’an pada mahasiswa IAIN Tulungagung? Prosedur penelitian: (1) Pendekatan penelitian : kuantitatif (2) Populasi: seluruh seluruh mahasiswa IAIN Tulungagung yang menjalani kuliah sambil menghafal Al-Qur’an dipondok pesantren tahfidzul qur’an (3) Sumber data: responden seluruh mahasiswa yang menjadi santri di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Yamani Subergempol dan Pondok Pesantren Al-Hidayah (4) Variabel penelitian: (a) Variabel Independen: Regulasi diri (b) Variabel Dependen: Efikasi diri dalam menghafal Al-Qur’an (5) Metode pengumpulan data: Kuesioner yang berisi skala regulasi diri yang disusun sendiri oleh peneliti berdasarkan teori regulasi diri dari Zimmerman dan skala efikasi diri dalam menghafal Al-Qur’an disusun dengan memodifikasi skala yang disusun oleh Layin Tanal Zulfa.Teknik analisis data: teknik analisa data kuantitatif dengan menggunakan analisa statistik mulai dari uji validitas, reliabilitas, normalitas, linearitas, dan regresi linier sederhana dengan bantuan SPSS for Windows 18.0. Hasil penelitian: (1) Tingkat regulasi diri mahasiswa penghafal Al-Qur’an IAIN Tulungagung berada pada kategori sedang yakni 68,6% berarti sebanyak 24 responden dari total sampel 35 responden. (2) Tingkat efikasi diri mahasiswa penghafal Al-Qur’an IAIN Tulungagung berada pada kategori sedang yaitu 68,6% berarti sebanyak 24 responden dari total sampel 35 responden. (3) Tidak ada pengaruh yang signifikan antara regulasi diri terhadap efikasi diri dalam menghafal Al-Quran yang ditunjukkan dari t hitung 0,751 dengan nilai signifikansi 0,458 taraf signifikansi 0,05 (lebih dari 0,05). Tidak ada pengaruh yang signifikan antara regulasi diri terhadap efikasi diri dalam menghafal Al-Quran yang ditunjukkan nilai Fhitung (0,565) Ftabel (4,13).

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Umum
Psikologi
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Tasawuf Psikoterapi
Depositing User: 2833133056 SITI NGAROFATUN NADZIROH
Date Deposited: 28 Dec 2017 03:11
Last Modified: 28 Dec 2017 03:11
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6037

Actions (login required)

View Item View Item