PENGARUH PROMOSI, KUALITAS PELAYANAN DAN PENERAPAN PRINSIP-PRINSIP SYARIAH TERHADAP KEPUTUSAN MENJADI NASABAH DI PT PRUDENTIAL LIFE ASSURANCE CABANG TULUNGAGUNG

CHINDRA AYU ELITA, 2824133018 (2017) PENGARUH PROMOSI, KUALITAS PELAYANAN DAN PENERAPAN PRINSIP-PRINSIP SYARIAH TERHADAP KEPUTUSAN MENJADI NASABAH DI PT PRUDENTIAL LIFE ASSURANCE CABANG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (769kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab VI.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (315kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Promosi, Kualitas Pelayanan dan Penerapan Prinsip-Prinsip Syariah Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah di PT Prudential Life Assurance Cabang Tulungagung” ini ditulis oleh Chindra Ayu Elita, NIM 2824133018, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Jurusan Ekonomi Syariah, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung dibimbing oleh Nur Aziz Muslim, M. HI. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin berkembangnya ekonomi syariah di Indonesia, saat ini banyak lembaga keuangan non bank yang menerapkan prinsip-prinsip syariah dalam kegiatan operasionalnya, contohnya saja PT Prudential Life Assurance. Sehingga dengan adanya lembaga keuangan non bank tersebut diharapkan masyarakat tertarik untuk dapat mengambil keputusan dalam berasuransi. Agar nasabah tertarik untuk mengambil keputusan dalam berasuransi, maka hal yang dapat dilakukan pihak asuransi adalah dengan cara melakukan promosi dan juga memberikan kualitas pelayanan yang baik. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu 1) Apakah promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan menjadi nasabah di PT Prudential Life Assurance Cabang Tulungagung? 2) Apakah kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan menjadi nasabah di PT Prudential Life Assurance Cabang Tulungagung? 3) Apakah penerapan prinsip-prinsip syariah berpengaruh signifikan terhadap keputusan menjadi nasabah di PT Prudential Life Assurance Cabang Tulungagung? 4) Apakah promosi, kualitas pelayanan dan penerapan prinsip-prinsip syariah secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan menjadi nasabah di PT Prudential Life Assurance Cabang Tulungagung? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel promosi, kualitas pelayanan dan penerapan prinsip-prinsip syariah terhadap keputusan menjadi nasabah di PT Prudential Life Assurance Cabang Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpul data. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah PT Prudential Life Assurance Cabang Tulungagung yang menggunakan produk asuransi syariah pada tahun 2016 dengan jumlah 668 nasabah. Pengambilan sampel menggunakan metode probability sampling dengan teknik simple random sampling dan dalam menentukan ukuran sampel menggunakan rumus slovin dengan sampel sebanyak 87 responden. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji koefisien determinasi, serta uji hipotesis dengan menggunakan uji t dan uji F. Hasil penelitian menggunakan uji t menunjukkan bahwa secara parsial dari ketiga variabel independen terdapat dua variabel yang berpengaruh signifikan terhadap keputusan menjadi nasabah di PT Prudential Life Assurance Cabang Tulungagung, yaitu variabel promosi dan variabel penerapan prinsip-prinsip syariah. Sedangkan untuk variabel kualitas pelayanan tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan menjadi nasabah di PT Prudential Life Assurance Cabang Tulungagung. Kemudian berdasarkan perhitungan uji F diketahui bahwa secara simultan variabel promosi, kualitas pelayanan dan penerapan prinsipprinsip syariah berpengaruh signifikan terhadap keputusan menjadi nasabah di PT Prudential Life Assurance Cabang Tulungagung. Kata kunci : Promosi, Kualitas Pelayanan, Penerapan Prinsip-Prinsip Syariah, Keputusan Menjadi Nasabah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 2824133018 Chindra Ayu Elita
Date Deposited: 20 Sep 2017 03:16
Last Modified: 20 Sep 2017 03:16
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5942

Actions (login required)

View Item View Item