PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FIQIH PESERTA DIDIK KELAS VMI MAFTAHUL ULUMTEGALREJO SAWENTAR KANIGORO BLITAR

RIZKA FIOKTA PURNAMA, 2817133164 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FIQIH PESERTA DIDIK KELAS VMI MAFTAHUL ULUMTEGALREJO SAWENTAR KANIGORO BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (665kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (456kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (453kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (599kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (710kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (899kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (102kB) | Preview
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (322kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini dengan judul “Penerapan Metode Pembelajaran Student Team Achievement Division Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fiqih Peserta Didik Kelas V MI Maftahul Ulum Tegalrejo Sawentar Kanigoro Blitar”. Ditulis oleh Rizka Fiokta Purnama NIM : 2817133164, dibimbing oleh Drs. H. Timbul, M.Pd.I Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division, Hasil Belajar, Fiqih. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman peserta didik dalam mempelajari Fiqih, sehingga menyebabkan hasil belajar peserta didik rendah. Dalam pembelajaran Fiqih ada beberapa model pembelajaran yang bisa digunakan guru untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Salah satunya adalah model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievemnt Division yang menarik dan menyenangkan diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V MI Maftahul Ulum Tegalrejo Sawentar pada pembelajaran Fiqih pada pokok bahasan Khitan. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: 1) Bagaimana peningkatan kerjasama belajar melalui penerapan metode pembelajaran Student Team Achievement Division pada mata pelajaran Fiqih materi Khitan peserta didik kelas V MI Maftahul Ulum Tegalrejo Sawentar Kanigoro Blitar?, 2) Bagaimana peningkatan keaktifan belajar melalui penerapan metode pembelajaran Student Team Achievement Division pada mata pelajaran Fiqih materi Khitan peserta didik kelas V MI Maftahul Ulum Tegalrejo Sawentar Kanigoro Blitar, 3) Bagaimana peningkatan hasil belajar belajar melalui penerapan metode pembelajaran Student Team Achievement Division pada mata pelajaran Fiqih materi Khitan peserta didik kelas V MI Maftahul Ulum Tegalrejo Sawentar Kanigoro Blitar ? Adapun yang menjadi tujuan penulisan skripsi ini adalah: 1) Mendeskripsikan peningkatan kerjasama belajar melalui penerapan metode pembelajaran Student Team Achievement Division pada mata pelajaran Fiqih materi Khitan peserta didik kelas V MI Maftahul Ulum Tegalrejo Sawentar Kanigoro Blitar, 2) Mendeskripsikan peningkatan keaktifan belajar melalui penerapan metode pembelajaran Student Team Achievement Division pada mata pelajaran Fiqih materi Khitan peserta didik kelas V MI Maftahul Ulum Tegalrejo Sawentar Kanigoro Blitar, 3) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar belajar melalui penerapan metode pembelajaran Student Team Achievement Division pada mata pelajaran Fiqih materi Khitan peserta didik kelas V MI Maftahul Ulum Tegalrejo Sawentar Kanigoro Blitar. Khitan penting dibelajarkan ke siswa dikarenakan termasuk sunnah dari Nabi Muhammad SAW, selain itu juga untuk menghindari penyakit, juga termasuk membuat terhindar dari najis sehingga membuat sah sholat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Dalam PTK tahap penelitian terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), observasi (observing) dan refleksi (reflecting). Dalam penelitian ini menggunakan dua siklus tindakan. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data menggunakan observasi, catatan lapangan, wawancara, tes dan dokumentasi. Tes digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar peserta didik kelas V pada mata pelajaran Fiqih. Sedangkan Observasi, catatan lapangan dan wawancara digunakan untuk mengamati respon peserta didik terhadap pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran student team achievement division, kerjasama peserta didik, keaktifan peserta didik, keadaan peserta didik maupun keadaan guru. Dokumentasi yang digunakan untuk mengumpulkan data dengan melihat laporan yang sudah tersedia termasuk dokumentasi tindakan penelitian. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 75% dari tujuan yang harus dicapai dengan nilai KKM 75. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa hasil belajar peserta didik telah meningkat. Pada tes awal (pre test) nilai rata-rata hanya 51,2 dengan prosentase ketuntasan belajar sebesar 13,79%, nilai rata-rata peserta didik mengalami peningkatan yang cukup signifikan menjadi 73,6 pada tes siklus I, dengan prosentase ketuntasan belajar sebesar 48%, Pada siklus berikutnya, yaitu siklus II terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik dengan nilai rata-rata 87,84 dengan prosentase ketuntasan belajar mencapai 92%. Dengan demikian telah terbukti, bahwa dengan diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement division dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Fiqih kelas V MI Maftahul Ulum Tegalrejo Sawentar Kangoro Blitar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: R. Viogtha 2817133164 Rizka Fiokta Purnama
Date Deposited: 23 Aug 2017 04:29
Last Modified: 23 Aug 2017 04:29
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5860

Actions (login required)

View Item View Item