PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR AND SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM PESERTA DIDIK KELAS V MI ROUDLOTUS SALAFIYAH PUCUNG NGANTRU TULUNGAGUNG

Apriliana Lailatul Karomah, 2817133216 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR AND SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM PESERTA DIDIK KELAS V MI ROUDLOTUS SALAFIYAH PUCUNG NGANTRU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (496kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (405kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (379kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (461kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (965kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (261kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul : “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair and Share (TPS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar mata pelajaran IPA Siswa kelas V di MI Roudlotus Salafiyah Pucung Ngantru Tulungagung” ini ditulis oleh Apriliana Lailatul Karomah dibimbing oleh Dr. Agus Purwowidodo, M.Pd. Kata Kunci : Kooperatif, Think Pair and Share, Hasil Belajar Salah satu indikator rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam adalah kurang aktifnya siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Hal ini ditambah lagi dengan fakta bahwa pembelajaran dikelas yang diterapkan oleh guru masih menerapkan paradigma lama, yaitu menerapkan metode pembelajaran konvensional (ceramah, tanya jawab, penugasan). Sehingga tidak menutup kemungkinan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam khususnya di MI Roudlotus Salafiyah Pucung Ngantru Tulungagung terkesan monoton. Untuk mengaktifkan siswa dalam pembelajaran , model pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair and Share (TPS) sangatlah tepat karena model pembelajaran ini dapat mendorong siswa untuk lebih aktif sehingga membantu dalam menguasai materi pelajaran untuk mencapai hasil yang maksimal. Rumusan masalah yang akan diterapkan dalam penelitian ini, yaitu (1) Bagaimana peningkatan kerjasama antar kelompok dalam belajar Ilmu Pengetahuan Alam materi Pembuatan Makanan Pada Tumbuhan Hijau peserta didik kelas V di MI Roudlotus Salafiyah Pucung Ngantru Tulungagung? (2)Bagaimana peningkatan keaktifan dalam belajar Ilmu Pengetahuan Alam materi Pembuatan Makanan Pada Tumbuhan Hijau peserta didik kelas V di MI Roudlotus Salafiyah Pucung Ngantru Tulungagung? (3)Bagaimana peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam materi Pembuatan Makanan Pada Tumbuhan Hijau melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair and Share peserta didik kelas V di MI Roudlotus Salafiyah Pucung Ngantru Tulungagung? Tujuan penelitian yang ingin dicapai peneliti, yaitu: (1) Untuk menganalisis peningkatan kerjasama antar kelompok dalam belajar Ilmu Pengetahuan Alam materi Pembuatan Makanan Pada Tumbuhan Hijau peserta didik kelas V di MI Roudlotus Salafiyah Pucung Ngantru Tulungagung. (2) Untuk Menganalisis peningkatan keaktifan dalam belajar Ilmu Pengetahuan Alam materi peserta didik kelas V di MI Roudlotus Salafiyah Pucung Ngantru Tulungagung. (3) Untuk menganalisis peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam materi Pembuatan Makanan Pada Tumbuhan Hijau melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair and Share peserta didik kelas V di MI Roudlotus Salafiyah Pucung Ngantru Tulungagung. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Proses penelitian ini adalah : 1) tahap perencanaan (plan), 2) tahap pelaksanaan (act), 3) tahap observasi (observe), 4) tahap refleksi (reflection). Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan, tes, observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Tes digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar siswa kelas V MI Roudlotus Salafiyah Pucung Ngantru Tulungagung, sedangkan observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi digunakan untuk menggali data tentang roses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, keadaan siswa dan guru, dan respon siswa dalam proses pembelajaran. Berdasarkan penelitian dengan menerapkan model kooperatif tipe Think Pair And Share dapat ditarik kesimpulan bahwa: pembelajaran dengan menerapkan model kooperatif tipe Think Pair And Share ini dapat dilakukan dengan beberapa tahap yaitu, tahap awal, tahap inti, dan tahap akhir. 1) Fokus I tentang kerjasama, penelitian dengan menggunakan penerapan model kooperatif tipe Think Pair And Share ini dapat meningkatkan kerjasama peserta didik pada proses pembelajaran, hal ini dapat dibuktikan bahwa siklus pertama prosentase kerjasama peserta didik 77% meningkat menjadi 85% pada siklus II. 2) Fokus II tentang keaktifan, penelitian dengan menggunakan penerapan model kooperatif tipe Think Pair And Share ini dapat meningkatkan keaktifan peserta didik pada proses pembelajaran, hal ini dapat dibuktikan bahwa siklus pertama prosentase kerjasama peserta didik 75% meningkat menjadi 90% pada siklus II. 3) Fokus III tentang hasil belajar, penelitian dengan menggunakan penerapan model kooperatif tipe Think Pair And Share ini dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, hal ini dapat dibuktikan bahwa nilai rata-rata siswa pada pre test 47,77 meningkat menjadi 70 pada post test siklus I, dan meningkat lagi menjadi 84,44 pada post test siklus II. Selain itu peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari ketuntasan hasil belajar siswa dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan adalah 76. Terbukti pada presentasi ketuntasan belajar Pre test 22,22% meningkat pada hasil Post test siklus I sebesar 44.44%, dan meningkat lagi pada proses post test siklus II sebesar 83,33%. Dengan demikian membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair And Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) kelas V di MI Roudlotus Salafiyah Pucung Ngantru Tulungagung. ABSTRACT Thesis with the title: "Application of Model Cooperative Learning Type Think Pair and Share to Improve Learning Outcomes subjects of Natural Sciences Students Class V in Islamic Elementary School Roudlotus Salafiyah Pucung Ngantru Tulungagung" was written by Apriliana Lailatul Karomah advisor by Dr. Agus Purwowidodo, M.Pd. Keywords: Cooperative, Think Pair and Share, Learning Outcomes. One indicator of the lack of student learning outcomes in subjects of Natural Sciences is less active students in the learning process. This is compounded by the fact that classroom learning is applied by teachers still apply the old paradigm, is applying conventional teaching methods (lectures, discussion, assignment). So do not rule out the possibility of student learning outcomes on the subjects of Natural Sciences, especially in Islamic Elementary School Roudlotus Salafiyah Pucung Ngantru Tulungagung monotonous. To enable students in learning, the type cooperative learning model Think Pair and Share is precisely because this model could encourage students to be more active and thus helps in mastering the subject matter to achieve maximum results. The problems that will be applied in this study, namely (1) How to increase cooperation among the groups in study Natural Sciences materials Manufacture Food in Greenery students class V in Islamic Elementary School Roudlotus Salafiyah Pucung Ngantru Tulungagung? (2) How to increase activity in the Natural Sciences learning materials Manufacture Food in Greenery students class V in Islamic Elementary School Roudlotus Salafiyah Pucung Ngantru Tulungagung? (3) How to increase learning outcomes Natural Sciences materials Manufacture Food in Greenery through cooperative learning model Think Pair and Share of students class V in Islamic Elementary School Roudlotus Salafiyah Pucung Ngantru Tulungagung? The research objective to be achieved researchers, namely: (1) To analyze the improvement of cooperation among the groups in study Natural Sciences materials Manufacture Food in Greenery students class V in Islamic Elementary School Roudlotus Salafiyah Pucung Ngantru Tulungagung. (2) To analyze the increase in activity in the Natural Sciences learning material Manufacture Food in Greenery students class V in Islamic Elementary School Roudlotus Salafiyah Pucung Ngantru Tulungagung. (3) To analyze the learning outcome Natural Sciences materials Manufacture Food in Greenery through model cooperative learning type Think Pair and Share of students class V in Islamic Elementary School Roudlotus Salafiyah Pucung Ngantru Tulungagung. This type of research used in this research is the Classroom Action Research. The processes of this research are: 1) the planning stage, 2) the implementation phase, 3) the stage of observation, 4) the stage of reflection. The technique used in data collection, testing, observation, interviews, field notes, and documentation. The test is used to obtain data on student learning outcomes in class V Islamic Elementary School Roudlotus Salafiyah Pucung Ngantru Tulungagung, whereas observation, interviews, field notes, and documentation used to explore data about roses learning Natural Sciences, the state of students and teachers, and the response in the learning process. Based on research by applying the type cooperative model Think Pair and Share can be concluded that: learning by applying the type cooperative model Think Pair and Share this can be done in several stages, the initial stage, the core stage and the final stage. 1) First focus on cooperation, research using the application of the type cooperative model Think Pair and Share this can increase the cooperation of students in the learning process, it can be proved that the first cycle of cooperation percentage of learners 77% increase to 85% in the second cycle. 2) Second focus of activeness, research using the application of the type cooperative model Think Pair And Share this can enhance the activity of students in the learning process, it can be proved that the first cycle of cooperation percentage of learners 75% increased to 90% in the second cycle. 3) Third focus on learning outcomes, research using the application of the type cooperative model Think Pair And Share this can improve learning outcomes of students in the subjects of Natural Sciences, it can be proven that the average value of students in pre test increased 47.77 to 70 in the post test the first cycle, and increased again to 84.44 in post test cycle II. In addition, increase learning outcomes can be seen from the thoroughness of student learning outcomes with minimum completeness criteria specified is 76. Evidently the presentation of mastery learning Pre test 22.22% increase in the Post test results of the first cycle of 44.44%, and rose again in the post test the second cycle of 83.33%. Thus proving that the implementation of cooperative learning model Think Pair and Share can improve learning outcomes of student in subjects of Natural Sciences class V in Islamic Elementary School Roudlotus Salafiyah Pucung Ngantru Tulungagung. اَلْمُلَخَصُ َطْرُوْحَةُ تَحْتَ عُنْوَانِ " تَطْبِيْقُ نُمُوْذَجُ التَّعَلُّمِ التَّعَاوُنِيْ نَوْعُ فِكْرَةُ زَوْجُ حَصَةٍ لِتَحْسِيْنِ مَخْرُجَاتِ التَّعَلُّمِ الْعُلُوْمِ الطَّبِيْعِيَةِ الطُّلاَبِ فِيْ الصَّفِ الْخَامِسِ فِيْ الْمَدْرَسَـةِ اْلاِبْتِدَائِيَّةِ اَلإِسْلاَمِيَةِ رَوْضَةُ السَّلَفِيَةِ فُوْجُونجْ عَانْتِرُوْ تُوْلُونْج اَجُونجْ" اَلَّتِىْ كَتَبَتْهَا اَبِيْرِلِيَانَا لَيْلَةُ الْكِرَامَةْ، اَلْمُشْرِيفْ اَلدُّكْتُورْ اَجُوسْ فُورْوَاوِيْدُوْدُوْ، الْمَاجِسْتِيرْ. الْكَلِمَاتُ الرَّئِيْسِيَةِ: التَّعَاوُنِيْ، نَوْعُ فِكْرَةُ زَوْجُ حَصَةٍ، نَتَائِجُ التَّعَلُّمِ مُؤَشَّرُ وَاحِدٍ لِعَدَمِ وُجُوْدِ نَتَائِجِ التَّعَلُّمِ الطُّلاَبِ فِيْ مَادَتِيْ الْعُلُوْمِ الطَّبِيْعِيَةِ وَالطُّلاَبُ أَقَلُّ نِشَاطًا فِيْ عَمَلِيَةِ التَّعَلُّمِ. وَيُضَافُ إِلَى ذَلِكَ حَقِيْقَةِ أَنَّ التَّعْلِيْمِ فِيْ الصَّفِ يَتِمُّ تَطْبِيْقُهَا مِنْ قِبَلِ الْمُعَلِّمِيْنَ لاَ يَزَالُ تَطْبِيْقُ النُّمُوْذَجِ الْقَدِيْمِ، أَيْ تَطْبِيْقِ الطُّرُقِ التَّدْرِيْسِ التَّقْلِيْدِيَةِ (اَلْمُحَاضَرَاتِ وَالنَّقَاشِ وَاْلاَحَالَةِ). لِذَلِكَ لاَ يَسْتَبْعَدُ إِمْكَانِيَةِ نَتَائِجَ التَّعَلُّمِ الطُّلاَبِ فِيْ مَادَتِي الْعُلُوْمِ الطَّبِيْعِيَةِ، وَخاَصَةٌ فِيْ الْمَدْرَسَـةِ اْلاِبْتِدَائِيَّةِ اَلإِسْلاَمِيَةِ رَوْضَةُ السَّلَفِيَةِ فُوْجُونجْ عَانْتِرُوْ تُوْلُونْج اَجُونجْ رَتَابَةً. لِتَمْكِيْنِ الطُّلاَبِ فِيْ التَّعَلُّمِ، وَنَوْعُ نُمُوْذَجُ التَّعَلُّمِ التَّعَاوُنِيْ فِكْرَةُ زَوْجُ حَصَةٍ هُوَ بِالضَّبَطِ لِأَنَّ هَذَا النُّمُوْذَجِ يُمْكِنُ أَنْ تَشْجِعَ الطُّلاَبِ عَلَى أَنْ يَكُوْنُوْا أَكْثَرُ نِشَاطًا، وَبِالتَّالِيْ يُسَاعِدُ فِيْ السَّيْطَرَةِ عَلَى هَذَا الْمَوْضُوْعِ لِتَحْقِيْقِ أَقْصَى قَدْرِ مِنَ النَّتَائِجِ. اَلْمَشَاكِلُ الَّتِيْ سَيَتِمُّ تَطْبِيْقِهَا فِيْ هَذِهِ الدِّرَاسَةِ، وَهِيَ (1) كَيْفَ زِيَادَةُ التَّعَاوُنِ بَيْنَ الْمَجْمُوْعَاتِ فِيْ دِرَاسَةِ الْعُلُوْمِ الطَّبِيْعِيَةِ الْمَوَادِ تَصْنِيْعِ الْغَذَاءِ الْخَضَارِ اَلطُّلاَبُ فِيْ الصَّفِ الْخَامِسِ فِيْ الْمَدْرَسَـةِ اْلاِبْتِدَائِيَّةِ اَلإِسْلاَمِيَةِ رَوْضَةُ السَّلَفِيَةِ فُوْجُونجْ عَانْتِرُوْ تُوْلُونْج اَجُونجْ؟ (2) كَيْفَ زِيَادَةُ النِّشَاطِ فِيْ التَّعَلُّمِ الْعُلُوْمِ الطَّبِيْعِيَةِ الْمَوَادِ تَصْنِيْعِ الْغَذَاءِ الْخَضَارِ اَلطُّلاَبُ فِيْ الصَّفِ الْخَامِسِ فِيْ الْمَدْرَسَـةِ اْلاِبْتِدَائِيَّةِ اَلإِسْلاَمِيَةِ رَوْضَةُ السَّلَفِيَةِ فُوْجُونجْ عَانْتِرُوْ تُوْلُونْج اَجُونجْ ؟ (3) كَيْفَ زِيَادَةُ مَخْرُجَاتِ التَّعَلُّمِ الْعُلُوْمِ الطَّبِيْعِيَةِ الْمَوَادِ تَصْنِيْعِ الْغَذَاءِ الْخَضَارِ مِنْ خِلاَلِ نُمُوْذَجُ التَّعَلُّمِ التَّعَاوُنِيْ فِكْرَةُ زَوْجُ حَصَةٍ اَلطُّلاَبُ فِيْ الصَّفِ الْخَامِسِ فِيْ الْمَدْرَسَـةِ اْلاِبْتِدَائِيَّةِ اَلإِسْلاَمِيَةِ رَوْضَةُ السَّلَفِيَةِ فُوْجُونجْ عَانْتِرُوْ تُوْلُونْج اَجُونجْ؟ الْهَدْفُ الْبَحْثِ إِلَى أَنْ يَتَحَقَّقَ الْبَاحِثِيْنَ، وَهِيَ: (1) تَحْلِيْلُ الزِّيَادَةِ التَّعَاوُنِ بَيْنَ الْمَجْمُوْعَاتِ فِيْ دِرَاسَةِ الْعُلُوْمِ الطَّبِيْعِيَةِ الْمَوَادِ تَصْنِيْعِ الْغَذَاءِ الْخَضَارِ اَلطُّلاَبُ فِيْ الصَّفِ الْخَامِسِ فِيْ الْمَدْرَسَـةِ اْلاِبْتِدَائِيَّةِ اَلإِسْلاَمِيَةِ رَوْضَةُ السَّلَفِيَةِ فُوْجُونجْ عَانْتِرُوْ تُوْلُونْج اَجُونجْ (2) تَحْلِيْلُ الزِّيَادَةِ فِيْ النِّشَاطِ فِيْ التَّعَلُّمِ الْعُلُوْمِ الطَّبِيْعِيَةِ الْمَوَادِ تَصْنِيْعِ الْغَذَاءِ الْخَضَارِ اَلطُّلاَبُ فِيْ الصَّفِ الْخَامِسِ فِيْ الْمَدْرَسَـةِ اْلاِبْتِدَائِيَّةِ اَلإِسْلاَمِيَةِ رَوْضَةُ السَّلَفِيَةِ فُوْجُونجْ عَانْتِرُوْ تُوْلُونْج اَجُونجْ (3) تَحْلِيْلُ نَتَائِجِ التَّعَلُّمِ الْعُلُوْمِ الطَّبِيْعِيَةِ الْمَوَادِ تَصْنِيْعِ الْغَذَاءِ الْخَضَارِ مِنْ خِلاَلِ نُمُوْذَجُ التَّعَلُّمِ التَّعَاوُنِيْ فِكْرَةُ زَوْجُ حَصَةٍ اَلطُّلاَبُ فِيْ الصَّفِ الْخَامِسِ فِيْ الْمَدْرَسَـةِ اْلاِبْتِدَائِيَّةِ اَلإِسْلاَمِيَةِ رَوْضَةُ السَّلَفِيَةِ فُوْجُونجْ عَانْتِرُوْ تُوْلُونْج اَجُونجْ. هَذَا النَّوْعِ مِنَ اْلأَبْحَاثِ الْمُسْتَخْدَمَةِ فِيْ هَذَا الْبَحْثِ هُوَ عَمَلُ الْبُحُوْثِ الصَّفِيَةِ. عَمَلِيَةُ مِنْ هَذَا الْبَحْثِ هِيَ: 1) مَرْحَلَةُ التَّخْطِيْطِ، 2) مَرْحَلَةُ التَّنْفِيْذِ، 3) مَرْحَلَةُ الْمُرَاقَبَةِ، 4) مَرْحَلَةُ التَّفْكِيْرِ. اَلتَّقْنِيَةُ الْمُسْتَخْدَمَةِ فِيْ جَمْعِ الْبَيَانَاتِ، وَاخْتِبَارِ، وَالْمُرَاقَبَةِ، وَالْمُقَابَلاَتِ، وَالْمُلاَحَظَاتِ الْمَيْدَانِيَةِ، وَالْوَثَائِقِ. يَسْتَخْدِمُ اِخْتِبَارِ الْحُصُوْلِ عَلَى بَيَانَاتِ عَنْ نَتَائِجِ التَّعَلُمِ الطُّلاَبِ فِيْ الصَّفِ الْخَامِسِ فِيْ الْمَدْرَسَـةِ اْلاِبْتِدَائِيَّةِ اَلإِسْلاَمِيَةِ رَوْضَةُ السَّلَفِيَةِ فُوْجُونجْ عَانْتِرُوْ تُوْلُونْج اَجُونجْ، فِيْ حِيْنَ الْمُلاَحَظَةِ وَالْمُقَابَلاَتِ وَالْمُلاَحَظَاتِ الْمَيْدَانِيَةِ وَالْوَثَائِقِ الْمُسْتَخْدَمَةِ لاِسْتِكْشَافِ الْبَيَانَاتِ عَنِ الْوُرُوْدِ تَعَلُّمِ الْعُلُوْمِ الطَّبِيْعِيَةِ، وَالدَّوْلَةِ مِنَ الطُّلاَبِ وَالْمُعَلِّمِيْنَ، وَاْلاِسْتِجَابَةِ فِيْ عَمَلِيَةِ التَّعَلُّمِ. وَاسِتْنَادًا إِلَى اْلأَبْحَاثِ مِنْ خِلاَلِ تَطْبِيْقِ النُّمُوْذَجِ التَّعَاوُنِيْ نَوْعُ فِكْرَةُ زَوْجُ حَصَةٍ يُمْكِنُ أَنْ نَخْلَصَ إِلَى مَا يَلِيْ: اَلتَّعَلُّمِ عَنْ طَرِيْقِ تَطْبِيْقِ النُّمُوْذَجِ التَّعَاوُنِيْ نَوْعُ فِكْرَةُ زَوْجُ حَصَةٍ وَيُمْكِنُ أَنْ يَتِمَّ ذَلِكَ عَلَى عَدَةِ مَرَاحِلِ، اَلْمَرْحَلَةُ اْلأُوْلَى، وَالْمَرْحَلَةُ اْلأَسَاسِيَةِ وَالْمَرْحَلَةُ النِّهَائِيَةِ. 1) اَلتَّرْكِيْزُ أَوَّلاً عَلَى التَّعَاوُنِ وَالْبَحْثِ بِاسِتْخِدَامِ تَطْبِيْقِ النُّمُوْذَجُ التَّعَاوُنِيْ نَوْعُ فِكْرَةُ زَوْجُ حَصَةٍ هَذِهِ يُمْكِنُ أَنْ تَزِيْدَ مِنَ التَّعَاوُنِ مِنَ الطُّلاَبِ فِيْ عَمَلِيَةِ التَّعَلُّمِ، وَيُمْكِنُ أَنْ يَثْبُتَ أَنَّ الدَّوْرَةَ اْلأُوْلَى مِنْ نِسْبَةِ التَّعَاوُنِ مِنَ الْمُتَعَلِّمِيْنَ 77% زِيَادَةٌ إِلَى 85% فِيْ الدَّوْرَةِ الثَّانِيَةِ. 2) اَلتَّرْكِيْزُ الثَّانِيْ مِنَ الدِّيْنَامِيَةِ وَاْلأَبْحَاثِ بِاسْتِخْدَامِ تَطْبِيْقِ النَّمُوْذَجُ التَّعَاوُنِي نَوْعُ فِكْرَةُ زَوْجُ حَصَةٍ هَذِهِ يُمْكِنُ أَنْ تَعْزِزَ مِنْ نِشَاطِ الطُّلاَبِ فِيْ عَمَلِيَةِ التَّعَلُّمِ، وَيُمْكِنُ أَنْ يَثْبُتَ أَنَّ الدَّوْرَةَ اْلأُوْلَى مِنْ نِسْبَةِ التَّعَاوُنِ مِنَ الْمُتَعَلِّمِيْن زَادَتْ 75% إلِىَ 90% فِيْ الدَّوْرَةِ الثَّانِيَةِ. 3) اَلتَّرْكِيْزُ الثَّالِثِ عَلَى مَخْرُجَاتِ التَّعَلُّمِ، وَالْبَحْثُ بِاسْتِخْدَامِ تَطْبِيْقِ النُّمُوْذَجُ التَّعَاوُنِي نَوْعُ فِكْرَةُ زَوْجُ حَصَةٍ هَذِهِ يُؤَدِّيْ إِلَى تَحْسِيْنِ نَتَائِجَ التَّعَلُّمِ الطُّلاَبِ فِيْ مَادَتِي الْعُلُوْمِ الطَّبِيْعِيَةِ، فَإِنَّهُ يُمْكِنُ إِثْبَاتِ أَنَّ مُتَوَسِطِ قِيْمَةِ الطُّلاَبِ فِيْ اِخْتِبَارِ مَا قَبْلَ 47.77 زَادَتْ إِلَى70 فِيْ مَا بَعْدَ اِخْتِبَارِ الدَّوْرَةِ اْلأُوْلَى، وَارْتَفَعَتْ مَرَّةً أُخْرَى إِلَى 84.44 فِيْ اْلاِخْتِبَارِ الْبَعْدِي دَوْرَةِ الثَّانِيَةِ. وَبِاْلإِضَافَةِ إِلَى ذَلِكَ، وَزِيَادَةُ مَخْرُجَاتِ التَّعَلُّمِ يُمْكِنُ أَنْ يَنْظُرَ إِلَيْهِ مِنْ دِقَّةِ نَتَائِجِ التَّعَلُّمِ الطُّلاَبِ مَعَ مَعَايِيْرِ الْحَدِّ اْلأَدْنَى اِكْتِمَالِ مُحِدَّدِ هُوَ 76. وَمِنَ الْوَاضِحِ أَنَّ الْعَرْضَ التَّعَلُّمِ لِلإِتْقَانِ مَا قَبْلَ اْلاِخْتِبَارِ زِيَادَةُ 22.22% فِيْ اِخْتِبَارِ النَّتَائِجِ الْمُشَارَكَةِ فِيْ الْجَوَلَةِ اْلأُوْلَى مِنْ 44.44%، وَارْتَفَعَ مَرَّةً أُخْرَى فِيْ اْلاِخْتِبَارِ الْبَعْدِي الدَّوْرَةِ الثَّانِيَةِ مِنْ 83.33%. مِمَّا يَثْبُتُ أَنْ تَنْفِيْذِ نُمُوْذَجُ التَّعَلُّمِ التَّعَاوُنِيْ فِكْرَةُ زَوْجُ حَصَةٍ يُؤَدِّيْ إِلَى تَحْسِيْنِ نَتَائِجَ التَّعَلُّمِ الطُّلاَبِ فِيْ مَادَتِيْ الْعُلُوْمِ الطَّبِيْعِيَةِ فِي الصَّفِ الْخَامِسِ فِيْ الْمَدْرَسَـةِ اْلاِبْتِدَائِيَّةِ اَلإِسْلاَمِيَةِ رَوْضَةُ السَّلَفِيَةِ فُوْجُونجْ عَانْتِرُوْ تُوْلُونْج اَجُونجْ.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: S.Pd 2817133216 Apriliana Lailatul Karomah
Date Deposited: 11 Aug 2017 03:51
Last Modified: 11 Aug 2017 03:51
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5696

Actions (login required)

View Item View Item