PENGARUH SELF EFFICACY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VII MTS DARUSSALAM KADEMANGAN BLITAR TAHUN PELAJARAN 2016/2017

IMROATUS SHOLICHAH, 2814133219 (2017) PENGARUH SELF EFFICACY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VII MTS DARUSSALAM KADEMANGAN BLITAR TAHUN PELAJARAN 2016/2017. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (697kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (176kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (112kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (161kB)
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (154kB) | Preview
[img] Text
BAB 6.pdf

Download (105kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (100kB)

Abstract

ABSTRAK Sholichah, Imroatus. 2017. Pengaruh Self Efficacy terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa kelas VII MTs Darussalam Kademangan Blitar tahun ajaran 2016/2017. Skripsi. Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Tulungagung. Pembimbing Miswanto, M.Pd. Kata Kunci: hasil belajar, Selfefficacy Hasil belajar dipengaruhi oleh faktor intern dan ekstern. Selain itu, diyakini ada faktor lain yang mempengaruhi hasil belajar yakni self efficacy, yang diartikan sebagai keyakinan seseorang terhadap kemampuan yang dimilikinya. Keyakinan tersebut mendorong seseorang untuk mencapai keberhasilan dan mampu menghadapi kesulitan saat mengerjakan tugas. Namun, pentingnya self efficacy tidak dirasakan oleh siswa, seperti halnya pada siswa kelas VII MTs Darussalam Kademangan Blitar tahun pelajaran 2016/2017. Sebelum mereka mengerjakan tugas, beberapa diantaranya beranggapan bahwa siswa yang pandai tentu selalu mendapatkan nilai bagus. Padahal, tingginya hasil belajar tidak hanya dipengaruhi oleh tingkat kepandaian seseorang, melainkan dipengaruhi oleh faktor lain dimana jika faktor tersebut menghambat siswa, maka berpengaruh pada hasil belajar. Berdasarkan latar belakang, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh self efficacy terhadap hasil belajar siswa, dan (2) seberapa besar pengaruh self efficacy terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian yaitu siswa kelas VII MTs Darussalam Kademangan Blitar. berjumlah 119 siswa. Sampel penelitian kelas VII A sebanyak 32 siswa yang ditentukan dengan teknik probability sampling tipe simple random sampling. Variabel penelitian meliputi self efficacy sebagai variabel bebas dan hasil belajar sebagai variabel terikat. Teknik pengumpulan data menggunakan angket (skala) dan dokumentasi. Uji prasyarat analisis menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan linier sehingga teknik pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Nilai sig. sebesar 0,000. Oleh karena 0,000 < 0,05 dan nilai ℎ = 0,612 > = 0,349 maka 0 ditolak dan 1 diterima artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara self efficacy terhadap hasil belajar siswa, (2) koefisien determinasi (2) 0,374 menunjukkan bahwa persentase sumbangan pengaruh variabel bebas sebesar 37,4%. Maka dapat disimpulkan bahwa: (1) ada pengaruh self efficacy terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas VII MTs Darussalam Kademangan Blitar tahun pelajaran 2016/2017, (2) besar pengaruh self efficacy sebesar 37,4% dan 82,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas di penelitian ini.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814133219 IMROATUS SHOLICHAH
Date Deposited: 26 Jul 2017 06:11
Last Modified: 26 Jul 2017 06:11
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5532

Actions (login required)

View Item View Item