Pengaruh Pendekatan Realistik Berbantuan Media Interaktif Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII MTsN Aryojeding

Fajarningtiyas, Suci Ruwaida (2014) Pengaruh Pendekatan Realistik Berbantuan Media Interaktif Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII MTsN Aryojeding. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (25MB) | Preview
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id

Abstract

Kata Kunci: Pendekatan Realistik, Media Interaktif, Hasil Belajar Matematika. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh adanya anggapan dari sebagian besar siswa bahwa matematika merupakan pelajaran yang sulit sehingga hasil belajar siswa untuk pelajaran matematika sebagian besar mengalami kegagalan. Sedangkan pendekatan pembelajaran yang diterapkan kurang menarik sehingga siswa kurang termotivasi untuk meningkatkan hasil belajar matematika. Oleh karena itu, untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika dilakukan dengan cara diterapkannya pendekatan realistik berbantuan media interaktif agar hasil belajar matematika meningkat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1)Bagaimana hasil belajar matematikadengan menggunakan pendekatan realistik berbantuan media interaktif pada materi segitiga dan segi empat siswa kelas VIIMtsN Aryojeding?, 2) Apakah ada pengaruh pendekatan realistik berbantuan media interaktif terhadap hasil belajar matematika pada materi segitiga dan segi empat siswa kelas VII MTsN Aryojeding?. Tujuan Penelitian adalah 1)Untuk mengetahui hasil belajar matematika dengan menggunakan pendekatan realistik berbantuan media interaktif pada materi segitiga dan segi empat siswa kelas VII MTsN Aryojeding, 2) untuk mengetahui pengaruh pendekatan realistik berbantuan media interaktif terhadap hasil belajar matematika pada materi segitiga dan segi empat siswa kelas VII MTsN Aryojeding. Pendekatan penelitian yang berdasarkan sifat datanya, antara lain pedekatan penelitian kuantitatif dimana data yang dikumpulkan bersifat angka – angka statistik.Pola penelitian eksperimen yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment) berfungsi untuk mengetahui pengaruh percobaan/perlakuan terhadap karakteristik subjek yang diinginkan oleh penelit, dimana variabel bebas X dalam penelitian ini adalah pengaruh pendekatan realistik berbantuan media interaktif. Sedangkan variabel terikatnya Y adalah hasil belajar matematika pada siswa kelas VII di MTsN Aryojeding. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VII di MTsN Aryojeding yang berjumlah 390 siswa. Dalam pengambilan sampel digunakan teknik purposive sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 72 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, dan dokumentasi. Data yang diperoleh, diolah dengan teknik analisis t-test. Dari hasil penelitian: 1) hasil belajar matematika siswa kelas VII E (eksperimen) dengan diperolehnya nilai rata-rata 75,5 lebih tinggi dari pada kelas VII F (kontrol) dengan diperolehnya nilai rata-rata 60,7. 2) Ada pengaruh yang signifikan pendekatan realistik berbantuan media interaktif terhadap hasil belajar matematika pada materi segitiga dan segi empat siswa kelas VII E MTsN Aryojeding. Hal ini ditunjukkan nilai thitung = 4,374 dengan nilai db 70, diperoleh ttabel = 2,000 pada taraf signifikansi 5%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 16 Dec 2014 06:40
Last Modified: 16 Dec 2014 06:40
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/552

Actions (login required)

View Item View Item